Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lagi, Eks-Pemain Timnas Kolombia Jadi Pengedar Narkotika

Mantan pemain Timnas Kolombia Jhon Viafara ditangkap karena diduga mengedarkan narkotika dan ia dapat diekstradisi ke Amerika Serikat.
Jhon Viafara/Reuters
Jhon Viafara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan gelandang Timnas Kolombia Jhon Viafara ditangkap karena diduga mengedarkan narkotika dan ia dapat diekstradisi ke Amerika Serikat, kata jaksa penuntut umum, Kamis (21/3/2019) WIB.

Mantan pemain berusia 40 tahun itu adalah salah satu dari lima orang yang ditangkap sehari sebelumnya di Jamundi dan Medellin, dalam operasi gabungan kejaksaan dan kepolisian.

"Berdasarkan investigasi yang dilakukan pihak berwenang AS, para tersangka adalah bagian dari jejaring transnasional yang punya hubungan dengan struktur kriminal Clan del Golfo," kata jaksa menunjuk kartel narkotika terkenal di negeri itu.

Viafara disangka telah mengirimkan kokain lewat speedboat dan wahana semi-kapal selam dari Kolombia ke AS lewat Amerika Tengah dari 2008 sampai 2018.

Dia dijuluki kelompoknya dengan "Footballer" dan bertugas merekrut para penyelundup serta menjalin kontak untuk mengapalkan narkotika ke Amerika Tengah.

Polisi telah menyita 2,5 ton kokain senilai US$28 juta dari kelompok Viafara pada 2017 dan 2018.

Kelima orang yang ditangkap ini diminta diekstradisi oleh negara bagian Texas, AS, di mana mereka diburu karena mengedarkan narkotika.

Viafara pernah satu musim bermain di Liga Inggris untuk Portsmouth dan setelah dipinjamkan ke Real Sociedad, memperkuat Southampton di liga Championship selama dua musim.

Dia mulai terkenal di negaranya setelah menciptakan satu gol ketika Once Caldas mengalahkan raksasa Argentina Boca Juniors pada final Copa Libertadores 2004.

Viafara sudah bermain lebih dari 40 kali untuk Timnas Kolombia dengan mencetak satu gol dan memperkuat negaranya pada Copa America 2004 dan 2007. Dia gantung sepatu pada 2015 setelah bermain hampir 20 tahun.

Dia bukan pesepak bola Kolombia pertama yang tertangkap akibat skandal peredaran narkotika.

Mantan bek Diego Leon Osorio divonis 5 tahun tahanan rumah pada Februari lalu karena berusaha menyelundupkan 1 kilogram kokain ke Spanyol.

Tahun lalu, mantan pemain Real Madrid dan gelandang Napoli Freddy Rincon juga tersangkut kasus peredaran narkotika dan pencucian uang di Panama.

Kolombia merupakan produsen kokain terbesar di dunia yang kebanyakan dilempar ke pasar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper