Chelsea Menang 5 - 0, Bersama Napoli & Valencia ke 8 Besar Liga Europa

Chelsea, Napoli, dan Valencia memastikan lolos ke perempat final Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.
M. Syahran W. Lubis | 15 Maret 2019 04:18 WIB
Penyerang Chelsea Olivier Giroud (kedua kanan) sesaat setelah mencetak hattrick ke gawang Dynamo Kiev. - Reuters/Valentyn Ogirenko

Bisnis.com, JAKARTA – Chelsea, Napoli, dan Valencia memastikan lolos ke perempat final Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions, setelah menuntaskan laga leg kedua 16 besar pada Jumat (15/3/2019).

Penyerang klub Liga Primer Inggris Chelsea Oliver Giroud menjadi pahlawan kemenangan timnya dengan mengemas hattrick dan mengirimkan satu assist saat menghancurkan tuan rumah Dynamo Kiev 5 - 0 dalam leg kedua 16 besar Liga Europa di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan The Blues melenggang mulus ke perempat final dengan kemenangan skor agregat 8 - 0, lantaran di leg pertama di London, Inggris, sepekan lalu Chelsea menang 3 - 0.

Tim besutan Maurizio Sarri bermain menyerang sejak kick off di lapangan yang sempat ia keluhkan kondisinya yang buruk.

Chelsea tak perlu lama untuk membuka keunggulan. Baru 5 menit, Giroud menyambar bola sundulan Ruben Loftus-Cheek yang menyambut sepak pojok kiriman Willian Borges da Silva.

Unggul satu gol tak lekas membuat Chelsea puas. The Blues terus menyerang, yang salah satunya datang dari tembakan Loftus-Cheek di kotak penalti, tetapi bola masih bisa ditepis kiper Denys Boyko.

Tuan rumah baru bisa membalas menebar ancaman ke gawang Chelsea pada menit ke-22 saat Viktor Tsygankov mengambil eksekusi tendangan bebas, tetapi bola masih bisa diblok para pemain Chelsea.

Chelsea menggandakan keunggulan menjadi 2 - 0 pada menit ke-33. Bola umpan tarik kiriman Marcos Alonso mampu disambar dengan tembakan Giroud dari jarak dekat.

Sebelum babak pertama usai, kerja sama satu dua sentuhan Callum Hudson-Odoi bersama Giroud diselesaikan dengan gol Alonso, membuat Chelsea turun minum telah unggul 3 - 0.

Giroud melesakkan gol ketiganya pada menit ke-59 setelah menerima umpan Willian dari tendangan bebas dan membuat Chelsea unggul 4 - 0.

Penyerang asal Prancis itu menyempurnakan penampilannya dengan mengirimkan assist untuk gol Hudson-Odoi pada menit ke-78. Pemain berusia 18 tahun itu berhasil masuk ke kotak penalti dan menjebol gawang Kiev dari jarak dekat.

Sementara itu, klub Serie A Napoli menelan kekalahan 1 - 3 di kandang Red Bull Salzburg, Red Bull Arena di Wals-Siezenheim, Salzburg, Austria, tetapi tetap melaju ke 8 bnesar karena di leg pertama pekan lalu di Stadion San Paolo di Napoli menang 3 - 0 sehingga Napoli menang agregat 4 - 3.

Di Salzburg, Napoli lebih dahulu unggul pada menit ke-14 lewat gol Artkadius ‘Arek’ Milik, tetapi tuan rumah memasok tiga gol balasan lewat aksi Munas Dabbur (25’), Fredrik Gulbrandsen (65’), dan Christoph Leitgeb saat pertandingan telah memasuki injury time.

Di laga lain, wakil La Liga Spanyol Valencia juga dipaksa imbang 1 - 1 oleh tuan rumah Krasnodar di Stadion FK di Kransnodar, Rusia, tapi Valencia tetap melaju ke 8 besar berkat kemenangan agregat 3 - 2 karena pekan lalu menang 2 - 1 ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Di Krasnodar, kedua gol terjadi pada menit-menit yang membuat Krasnodar mesti menyerah secara dramatis.

Tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-85 melalui Magomed Suleymanov yang jika saja bertahan hingga wasit Anthony Taylor (Inggris) mengakhiri pertandingan, maka klub Rusia itu yang melaju ke 8 besar karena lebih produktif mencetak gol tandang meski skor agregat 2 - 2.

Namun, Valencia berhasil memforsir satu gol melalui Goncalo Guedes saat injury time memasuki menit ke-3 sehingga tim Spanyol tersebut berhasil melaju berkat kemenangan agregat 3 - 2.

Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/UEFA.com

Tag : chelsea, valencia, napoli, liga europa uefa
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top