Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Jadi Warga Negara Inggris, Declan Rice Langsung Masuk Timnas

Pemain muda West Ham United, Declan Rice, masuk skuat Inggris untuk kualifikasi Kejuaraan Eropa bulan ini hanya beberapa pekan setelah meninggalkan kewarganegaraan Republik Irlandia.
Gelandang bertahan West Ham Declan Rice/Reuters-John Sibley
Gelandang bertahan West Ham Declan Rice/Reuters-John Sibley

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain muda West Ham United, Declan Rice, masuk skuat Inggris untuk kualifikasi Kejuaraan Eropa bulan ini hanya beberapa pekan setelah meninggalkan kewarganegaraan Republik Irlandia dan beralih ke Inggris.

Gelandang bertahan berusia 20 tahun, yang telah membuat tiga penampilan untuk Timnas Irlandia di level senior karena memiliki kakek-nenek Irlandia, masuk menjadi warga negara Inggris sehingga bisa membela Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate.

Panggilannya untuk masuk Timnas Inggris datang pada pekan yang sama ketika ia dinobatkan sebagai Pemain Muda Irlandia Tahun Ini.

Badan pengatur dunia Federation Internationale de Football Association (FIFA) meratifikasi pengalihan Rice, yang bermukim di London, pekan lalu karena dia tidak memainkan permainan kompetitif untuk Irlandia.

Rice, yang bisa bermain sebagai bek tengah atau di lini tengah, telah menjadi salah satu pemain paling konsisten di West Ham musim ini, mendapat sambutan hangat dan diperbandingkan dengan mantan Bobby Moore. Legenda sepak bola Inggris yang menjadi legenda klub London tersebut.

Southgate mengatakan Inggris telah mengikuti kemajuannya dan senang bisa menghadirkan sang pemain dalam pasukannya.

"Tidak banyak pemain seusia Declan bermain seperti dia di Liga Primer," kata Southgate. "Kami menyukai karakternya, kualitas kepemimpinannya, dan dia bisa bermain sebagai gelandang bertahan atau bek. Dia akan sangat cocok dengan cara kami bekerja."

Southgate mengakui bahwa pergantian kesetiaan Rice telah dipertanyakan oleh beberapa orang, tetapi dia mengatakan itu masalah umum. "Semakin banyak terjadi, jika Anda melihat di bawah usia 16-an kami lebih dari 50 persen dari mereka memiliki dua kewarganegaraan dan beberapa bisa bermain untuk lebih dari dua negara."

"Ini pemandangan yang kompleks. Saya tahu orang-orang mempertanyakan aturannya, tetapi saat ini mereka adalah satu-satunya panduan kami untuk bekerja."

Kiper Burnley, Tom Heaton, juga telah kembali ke tim untuk pertama kalinya sejak cedera dalam persiapan untuk final Piala Dunia tahun lalu, striker Bournemouth Callum Wilson, yang memiliki satu caps, juga dipanggil.

Kiper Everton Jordan Pickford, yang telah mengalami penurunan performa musim ini dan bermain buruk dalam kekalahan timnya di Newcastle United pada Sabtu, pun dipertahankan Southgate.

"Jordan telah bermain sangat bagus untuk kami, saya pikir Anda bisa melihat semua pemain di skuar dan mereka mengalami saat-saat di mana mereka mengalami kesulitan pada sore hari dan itulah yang terjadi pada Jordan pada akhir pekan," kata Southgate.

Duo Tottenham Hotspur Dele Alli dan Eric Dier juga termasuk yang baru kembali dari cedera dan sakit. Pemain depan Borussia Dortmund Jadon Malik Sancho juga mempertahankan tempatnya di Three Lions.

Inggris akan menghadapi Republik Cheska di Wembley pada Jumat pekan depan sebelum melakukan perjalanan ke Podgorica untuk menghadapi tuan rumah Montenegro 3 hari kemudian.

Skuat Southgate:

Penjaga gawang: Tom Heaton, Jack Butland, Jordan Pickford

Belakang: Trent Alexander-Arnold, Ben Chilwell, Michael Keane, Harry Maguire, Danny Rose, Luke Shaw, John Stones, Kieran Trippier, Kyle Walker, James Tarkowski

Gelandang: Ross Barkley, Dele Alli, Fabian Delph, Eric Dier, Jordan Henderson, Ruben Loftus-Cheek, Declan Rice

Depan: Harry Kane, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Raheem Sterling, Callum Wilson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper