Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MU Masih Bisa Jadi Juara Liga Inggris?

Manchester United meneruskan laju impresif mereka dengan menekuk Crystal Palace 3-1 pada laga pekan ke-28 Liga Inggris dini hari tadi. Dengan 10 laga tersisa, mereka pun masih berpeluang untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini.
Ole Gunnar Solskjaer/Reuters-Scott Heppell
Ole Gunnar Solskjaer/Reuters-Scott Heppell

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United meneruskan laju impresif mereka dengan menekuk Crystal Palace 3-1 pada laga pekan ke-28 Liga Inggris dini hari tadi. Dengan 10 laga tersisa, mereka pun masih berpeluang untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini.

Kemenangan itu membuat Manchester United tak terkalahkan dalam 11 laga Liga Inggris terakhir. Sembilan kemenangan dan dua hasil imbang menjadi catatan impresif Manchester United di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Kemenangan atas Crystal Palace memang tak membuat posisi mereka di klasemen berubah. Paul Pogba cs tetap berada di posisi kelima dengan perolehan 55 angka. Posisi mereka bahkan terancam oleh Chelsea yang berada di bawahnya dengan selisih dua angka saja, namun Chelsea memiliki satu pertandingan tabungan.

Secara matematis, peluang Manchester United menjuarai Liga Inggris musim ini masih cukup terbuka. Mereka kini berjarak 14 angka saja dari pemuncak klasemen, Liverpool.

Manchester United bisa saja menjuarai Liga Inggris musim ini jika Liverpool dan empat tim di atas mereka menelan setidaknya lima kekalahan dalam 10 laga terakhir. Namun jika melihat calon lawan yang harus kedua tim hadapi, peluang Liverpool tampak lebih besar.

Hal itu karena Manchester United masih harus meladeni tiga tim besar - Arsenal, Manchester City dan Chelsea - dalam sepuluh laga terakhir. Berikut 10 laga terakhir Manchester United di Liga Inggris musim ini:

Manchester United vs Southampton - 2 Maret
Arsenal vs Manchester United - 10 Maret
Manchester United vs Watford - 30 Maret
Wolves vs Manchester United - 3 April
Manchester United vs West Ham - 13 April
Everton vs Manchester United - 21 April
Manchester United vs Manchester City - 25 April
Manchester United vs Chelsea - 28 April
Huddersfield Town vs Manchester United - 4 Mei
Manchester United vs Cardiff City - 12 Mei

Sementara Liverpool praktis memiliki 10 laga terakhir yang lebih ringan. Skuad asuhan Jurgen Klopp hanya harus menghadapi dua lawan berat, Tottenham Hotspur dan Chelsea, dalam 10 laga tersebut.

Berikut 10 laga terakhir Liverpool:
Everton vs Liverpool - 3 Maret
Liverpool vs Burnley - 10 Maret
Fulham vs Liverpool - 17 Maret
Liverpool vs Tottenham - 31 Maret
Southampton vs Liverpool - 6 April
Liverpool vs Chelsea - 14 April
Cardiff vs Liverpool - 21 April
Liverpool vs Huddersfield - 27 April
Newcastle vs Liverpool - 4 Mei
Liverpool vs Wolves - 12 Mei

Liverpool juga memiliki jadwal yang sedikit lebih longgar karena praktis hanya berkonsentrasi di Liga Inggris dan Liga Champions. Sementara Manchester United masih berlaga di tiga kompetisi: Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions.

Meskipun peluang mereka menjuarai Liga Inggris cukup tipis, namun Manchester United masih memiliki peluang besar untuk berada di posisi empat besar pada akhir musim nanti. Syaratnya adalah mereka harus menang terutama saat menghadapi tim- tim besar. Jika mampu melakukan hal itu, bukan tak mungkin mereka mengambil alih posisi ketiga yang kini diduduki oleh Tottenham dengan jarak lima angka saja.

Peluang Manchester United untuk meraih gelar juara musim ini paling besar berada di ajang Piala FA. Di Liga Champions, peluang mereka nyaris tertutup karena kalah 0-2 dari PSG pada laga pertama babak 16 besar dua pekan lalu. Mereka hanya berpeluang melaju ke babak selanjutnya jika berhasil menang dengan minimal tiga gol pada laga ketiga di markas PSG pekan depan.

Di Piala FA, mereka sudah memasuki babak perempat final dan akan menghadapi Wolverhampton Wanderers. Manchester City menjadi satu-satunya pesaing Manchester United setelah tim-tim besar Liga Inggris lainnya berguguran di babak sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper