Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Arab Saudi Bantah Kabar Rencana Putra Mahkota Mohammad bin Salman Beli Manchester United

Pemerintah Arab Saudi menyanggah kabar rencana akuisisi klub sepak bola Inggris Manchester United (MU) oleh Putra Mahkota Mohammad bin Salman.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 18 Februari 2019  |  12:46 WIB
Pangeran Mohammad bin Salman
Pangeran Mohammad bin Salman

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi menyanggah kabar rencana akuisisi klub sepak bola Inggris Manchester United (MU) oleh Putra Mahkota Mohammad bin Salman.

“Berita itu sama sekali tidak benar,” tegas Menteri informasi Arab Saudi Turki Alshabanah di Twitter, seperti dilansir Bloomberg, Senin (18/2/2019).

Surat kabar Inggris The Sun akhir pekan kemarin mengabarkan bahwa Mohammad bin Salman telah mengajukan tawaran untuk raksasa Liga Inggris itu pada Oktober. Tawaran itu disebut-sebut bernilai US$4,9 miliar.

Akan tetapi, perselisihan diplomatik yang terjadi pascakasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di dalam kedutaan Arab Saudi di Istanbul, Turki, menghentikan proses penawaran itu. 

Menanggapi pemberitaan itu, Alshabanah menerangkan bahwa The Sun menyalahartikan alasan terjalinnya komunikasi antara Saudi dengan Manchester United beberapa waktu sebelumnya.

“Klub itu mengadakan pertemuan dengan Public Investment Fund [PIF/dana investasi yang dimiliki Arab Saudi] untuk membahas proyek sponsor iklan. PIF mendengarkan proposal itu seperti halnya investasi apa pun dan tidak membuat hasil apa pun,” lanjut Alshabanah.

Klub Manchester United dikendalikan oleh klan Glazer, pemilik tim sepak bola Amerika Tampa Bay Buccaneers. Glazer membeli Manchester United pada tahun 2005 dalam proses akuisisi yang kontroversial dan kemudian mendaftarkannya di bursa New York pada 2012.

Glazer sendiri, oleh The Sun, dikabarkan tidak tertarik dengan tawaran untuk menjualnya.

Menurut The Sun, minat Bin Salman terhadap MU didorong oleh keinginan untuk menyaingi Crosstown Manchester City, yang dimiliki oleh Sheikh Mansour dari keluarga kerajaan Abu Dhabi.

Keluarga kerajaan Arab Saudi diketahui melakukan investasi besar-besaran dalam dunia olahraga. Mereka sudah menjajaki ajang balap F1 dan gulat WWE.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manchester united arab saudi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top