Mantan Kiper Timnas Inggris Gordon Banks Meninggal Dunia

Mantan kiper timnas Inggris yang memenangkan Piala Dunia 1966 di Inggris Gordon Banks meninggal dunia pada hari ini 12 Februari 2019 dalam usia 81 tahun.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 12 Februari 2019  |  18:05 WIB
Mantan Kiper Timnas Inggris Gordon Banks Meninggal Dunia
Gordon Banks (dua kiri) - twitter@sterling7

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan kiper timnas Inggris pemenang Piala Dunia 1966 di Inggris, Gordon Banks meninggal dunia pada hari ini 12 Februari 2019 dalam usia 81 tahun.

Gordon dianggap merupakan salah satu pemain terbaik di posisinya dan dinobatkan sebagai Goalkeeper of The Year oleh FIFA sebanyak enam kali dan mengumpulkan 73 caps untuk Inggris.

Dia terkenal karena penyelamatannya yang luar biasa dari Pele dalam Piala Dunia 1970 melawan Brasil.

Lahir di Sheffield, ia memenangkan Piala Liga bersama Stoke dan Leicester, sebelum pensiun pada 1973.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa Gordon meninggal dengan damai dalam semalam," kata keluarganya seperti dilansir dari BBC Sport.

"Kami hancur kehilangannya, tetapi kami memiliki begitu banyak kenangan indah dan tidak mungkin lebih bangga padanya."

Sejumlah pemain timnas Inggris mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya kiper legenda tiga singa. Melalui akun twitter striker Inggris dan Manchester City Raheem Sterling mengungkapkan belasungkawa.

"Tentu saja ada yang menyelamatkan, tetapi jauh lebih banyak kita berkabung hari ini. RIP Gordon Banks. Legenda Inggris, warisan Inggris Anda akan hidup terus."

Mantan striker Inggris Gary Lineker mengatakan: "Pahlawan saya yang absolut, dan yang lainnya yang tak terhitung jumlahnya, pemenang Piala Dunia Inggris adalah salah satu kiper terhebat sepanjang masa, dan pria yang menyenangkan."

Banks memulai karirnya di Chesterfield, sebelum bergabung dengan Leicester pada tahun 1959 dengan harga £7.000, dan di Foxes ia memantapkan dirinya sebagai nomor satu Inggris, mendapatkan caps internasional pertamanya pada tahun 1963 melawan Skotlandia.

Dia bermain di setiap pertandingan Piala Dunia 1966, puncaknya pada kemenangan 4-2 atas Jerman Barat di final di Wembley.

Dalam delapan tahun di Leicester, ia menjadi runner-up di dua final Piala FA dan memenangkan Piala Liga pada tahun 1964, sebelum bergabung dengan Stoke pada tahun 1967.

Dia tinggal di Potters sampai pensiun dari sepak bola profesional, memenangkan Piala Liga lagi pada tahun 1972, satu-satunya kehormatan utama klub.

Beberapa tahun belakangan ia kehilangan pandangan di mata kanannya setelah kecelakaan mobil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas inggris

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top