Hasil Liga Belanda: PSV Nyaris Ikuti Ajax, Beruntung De Jong Pahlawan

PSV Eindhoven nyaris mengikuti langkah buruk Ajax Amsterdam menyerah di kandang lawan, beruntung kapten Luuk de Jong tampil sebagai penyelamat di Utrecht.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  03:59 WIB
Hasil Liga Belanda: PSV Nyaris Ikuti Ajax, Beruntung De Jong Pahlawan
Penyerang dan kapten tim PSV Eindhoven Luuk de Jong. - Reuters/David Klein

Bisnis.com, JAKARTA – PSV Eindhoven nyaris mengikuti langkah buruk Ajax Amsterdam menyerah di kandang lawan, beruntung kapten Luuk de Jong mencetak dua gol balasan, satu di antaranya di ujung pertandingan, sehingga juara bertahan bisa mengimbangi Utrecht.

Bertarung di Stadion Galgenwaard di Utrecht yang berakhir pada Senin (11/2/2019) dini hari WIB, PSV tertinggal dua gol hingga rehat akibat kebobolan dua gol tuan rumah yang dilesakkan Sander van de Streek melalui sundulan kepala (7’) dan Gyrano Kerk (38’).

Pelatih PSV Mark van Bommel sempat marah atas gol kedua tuan rumah sebab sebelumnya penyerang Hirving Lozano dijatuhkan pemain Utrect, tetapi wasit Pol van Boekel memutuskan play on sehingga terjadi gol di gawang yang dikawal Jeroen Zoet.

Beruntung, PSV akhirnya selamat dari kekalahan dalam pertandingan penutup pekan ke-21 Eredivisie Belanda itu setelah Luuk de Jong sukses memasok dua gol balasan pada babak kedua pada menit ke-57 dan 86 sehingga pertandingan berakhir dengan skor imbang 2 - 2.

PSV sempat diuntungkan pula oleh keputusan wasit Van Boekel ketika pada menit terakhir yang menolak klain tuan rumah untuk mendapatkan hadiah penalti saat laga telah memasuki injury time.

Bek kanan Ajax Denzel Dumfries menjatuhkan gelandang Utrecht Simon Gustafson di dalam kotak terlarang, tetapi wasit memutuskan pelanggaran itu belum masuk kategori layak dihukum setelah menyaksikan video pembantu wasit (VAR).

Meskipun hanya mendapatkan 1 angka hasil imbang di kandang Utrecht, PSC yang mengisi pucuk klasemen sementara makin meninggalkan Ajax yang sehari sebelumnya ditaklukkan 0 - 1 oleh tuan rumah Heracles Almelo.

Perolehan nilai PSV saat ini 56, sedangkan Ajax 50, sedangkan Utrecht di peringkat keenam dengan mengoleksi 29 angka.

Ajax, PSV, dan Feyenoord Rotterdam merupakan kekuatan tradisional sepak bola Belanda. Ketiga adalah pengoleksi gelar juara Eredivisie terbanyak sepanjang sejarah. Ajax menjadi juara 33 kali, PSV 24, dan Feyenoord 15.

Hasil lengkap pekan ke-21: NAC Breda 0 vs AZ 3; Heracles 1 vs Ajax 0; Heerenveen 1 vs PEC Zwolle 1; VVV Venlo 2 vs Willem II 1; Feyenoord 4 vs De Graafschap 0; Fortuna Sittard 4 vs Excelsior 1;  Groningen 2 vs Vitesse 1; Emmen 3 vs ADO Den Haag 2; Utrecht 2 vs PSV 2.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
psv eindhoven, eredivisie

Sumber : Reuters & Football Oranje

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top