Hasil Liga Belanda: Kalah di Almelo, Ajax Makin Sulit Kejar PSV

Ajax Amsterdam makin sulit mengejar pemuncak klasemen sekaligus juara bertahan PSV Eindhoven setelah menyerah 0 - 1 dari Heracles dalam pekan ke-21 Eredivisie.
M. Syahran W. Lubis | 10 Februari 2019 05:25 WIB
Pemain Heracles Mohammed Osman setelah menjebol gawang Ajax. - Football Oranje

Bisnis.com, JAKARTA – Ajax Amsterdam makin sulit mengejar pemuncak klasemen sekaligus juara bertahan PSV Eindhoven setelah menyerah 0 - 1 dari tuan rumah Heracles Almelo dalam pertandingan pekan ke-21 Eredivisie, kompetisi teratas di kancah sepak bola Belanda.

Bertarung di Stadion Polman di Almelo, satu-satunya gol tuan rumah dikontribusi oleh Mohammed Osman pada menit ke-17 dan tamu yang datang dari ibu kota gagal memberikan gol balasan hingga wasit Dennis Higler mengakhiri pertandingan.

Sebenarnya Heracles berpeluang emas mencetak gol lebih cepat. Namun, bidikan penalti Brandley Kuwas pada menit ke-5 dapat ditepis kiper Ajax Andre Onana sehingga hanya menghantam tiang gawang.

Tendangan penalti ditetapkan wasit Higler setelah pemain Ajax Daley melakukan pelanggaran di dalam area kotak terlarang.

Dengan kekalahan ini, Ajax makin sulit bersaing dengan PSV Eindhoven menuju panggung juara. Apalagi jika PSV mampu menundukkan Utrecht pada Minggu (10/2/2019) tengah malam WIB. Nilai Ajax saat ini 50, sedangkan PSV 55.

Sementara itu, Heracles menempati peringkat keenam dengan koleksi 29 angka.

Di laga lain, Feyenoord, yang sebagaimana Ajax dan PSV merupakan kekuatan tradisional sepak bola Belanda, menang besar 4 - 0 di Stadion De Kuip di Rotterdam atas tamunya De Graafschap.

Keempat gol tuan rumah dilesakkan oleh empat pemain berbeda yakni Tonny Vilhena (28’), Calvin Verdonk (52’), Jeremiah Juste (54’), dan Jens Toornstra (63’).

Meskipun berhasil mencatat kemenangan besar, Feyenoord tak beranjak dari posisi ketiga klasemen sementara Eredivisie dengan nilai 42, sedangkan De Graafschap tetap menduduki slot ke-17 dari 18 kontestan dengan 18 angka.

Ajax, PSV, dan Feyenoord adalah tiga tim pengoleksi gelar juara terbanyak sepanjang sejarah Eredivisie. Ajax juara 33 kali, PSV 24, dan Feyenoord 15 kali.

Hasil pekan ke-21 hingga Minggu (10/2/2019) pagi WIB: NAC Breda 0 vs AZ Alkmaar 3; Heracles Almelo 1 vs Ajax Amsterdam 0; Heerenveen 1 vs PEC Zwolle 1; VVV Venlo 2 vs Willem II Tilburg 1; Feyenoord Rotterdam 4 vs De Graafschap 0.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 10 Februari:

18:15   Fortuna Sittard vs Excelsior

20:30   Groningen vs Vitesse Arnhem

20:30   Emmen vs ADO Den Haag

22:45   Utrecht vs PSV Eindhoven.

Sumber : Reuters & Football Oranje

Tag : eredivisie
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top