Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebalap tim KTM Johann Zarco/MotoGP
Pebalap tim KTM Johann Zarco/MotoGP

Bisnis.com, SEPANG - Jelang musim balap MotoGP 2019 yang akan dimulai pertama kali di Qatar bulan depan, sejumlah persiapan dilakukan tim balap dengan menampilkan pembaruan.

Pada uji balap di Sepang, tim bisa mengetahui sejauh mana performa yang sudah dilakukan, untuk memutuskan apakah sudah benar-benar siap untuk balap yang sesungguhnya atau perlu melakukan adaptasi baru pada pebalap dan motornya.

Berikut faktor teknis baru yang muncul dari sejumlah tim di MotoGP pada uji balap Sepang 6-8 Februari, melansir MotoGP.com.

Honda

Repsol Honda Team begitu membanggakan jajarannya yang tangguh untuk musim 2019, namun sepertinya penilaian hasil pengembangan tampaknya jatuh di pundak Stefan Bradl yang menjadi pebalap uji.

Ia masuk ke sirkuit untuk menggantikan Jorge Lorenzo yang masih cedera, sementara Marc Marquez dan Cal Crutchlow dari LCR Honda Castrol juga masih memulihkan diri setelah masing-masing mengalami cedera.

Di Valencia dan Jerez, Honda mencoba mesin 2019, airbox dan sasis baru, peredam stang yang dipindahkan, serta fairing baru. Harapan untuk mempertahankan mahkota kemenangan tim ada pada proses uji di Sepang.

Yamaha

Bukan rahasia lagi bahwa 2019 adalah tahun yang luar biasa bagi tim pabrikan yang berbasis di Iwata ini, dengan hasil cukup positif di tes awal 2019.

Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) memiliki jok baru yang dipasang pada akhir tahun 2018, dengan dia dan rekan setimnya yaitu Valentino Rossi berfokus pada performa mesin YZR-M1 yang baru.

Duo ini sudah menguji dua spesifikasi mesin 2019 di Valencia dan Jerez serta perlu membuat keputusan mana yang akan dipakai balapan.

Ducati

Tahun 2018 menjadi saksi pabrikan Bologna ini untuk mencoba sasis baru dan garpu roda depan, dengan gearbox baru dan pembaruan untuk mesin mereka sebagai persiapan 2019.

Selain itu, Ducati juga menggunakan rantai dan lengan ayun roda belakang baru di uji Jerez, dengan pebalap uji Michele Pirro.

Selanjutnya, pabrikan Italia itu juga diketahui menguji sayap aerodinamika baru di bagian ekor GP19.

Suzuki

Berbekal kesuksesan di tahun 2018 tim pabrikan yang berlokasi di Hamamatsu ini di tahun 2019 memakai sasis yang diperkuat dengan karbon.

Salah satu titik fokus utama bagi Suzuki adalah meningkatkan mesin mereka untuk musim 2019, yang pertama kali diuji pebalap uji Sylvain Guintoli di Grand Prix Jepang.

Sementara Alex Rins (Tim Suzuki Ecstar) juga akan memakai mesin tersebut ke Valencia dan Jerez, dengan Joan Mir juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencobanya di Jerez.

Aprilia

Aprilia sudah menguji pipa knalpot, tangki bahan bakar, dan jok baru. Di Misano, pabrik Italia ini kemudian menguji mesin baru, sementara sasis yang diperbarui digunakan oleh Aleix Espargaro (Tim Balap Aprilia Gresini) di GP Australia.

Pebalap baru Bradley Smith menguji lengan ayun karbon yang diperbarui selama Uji Valencia, untuk mempersiapkan uji Sepang.

KTM

Tim pabrikan Austria ini membuat beberapa pembaruan pada sasis mereka, sementara pebalap Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) telah menguji fairing dan mesin baru, yang kemungkinan menggunakan mekanisme contra-rotating.

Suku cadang lainnya juga akan diuji oleh Espargaro dan Johann Zarco selama tiga hari di Sepang, bersama pebalap penguji Mika Kallio juga ikut serta di trek untuk melakukan pengujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper