Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xavi Sarankan Barcelona Gaet Kimmich dari Munchen

Xavi Hernandez, menyarankan mantan klubnya, Barcelona, untuk memboyong Joshua Kimmich dari Bayern Munchen. Menurut dia, Kimmich akan sangat cocok bermain untuk Barcelona.
Joshua Kimmich/www.90min.com
Joshua Kimmich/www.90min.com

Bisnis.com, JAKARTA - Xavi Hernandez, menyarankan mantan klubnya, Barcelona, untuk memboyong Joshua Kimmich dari Bayern Munchen. Menurut dia, Kimmich akan sangat cocok bermain untuk Barcelona.

Xavi menyatakan bahwa awalnya dia tak mengetahui siapa Kimmich saat diboyong Bayern Munchen dari RB Leipzig pada 2015. Dia lantas berbicara kepada Pep Guardiola, eks pelatih Barcelona yang saat itu menangani Bayern Munchen dan akhirnya bisa memahami kehebatan si pemain.

"Saya berbicara dengan Pep Guardiola, mantan pelatih saya di Barcelona soal Kimmich. Saya sebelumnya tak pernah mendengar soal dia," ujar Xavi dalam wawancara dengan media Jerman, Sport Bild.

"Sejak saat itu, saya mengikuti terus perkembangan karirnya. Joshua adalah pemain masa kini dan masa depan untuk Bayern dan Jerman."

Kimmich memang merupakan pemain yang diorbitkan Guardiola semasa menangani Bayern Munchen. Awalnya dia dikenal sebagai bek sayap kanan. Dia dikenal sebagai bek yang memiliki insting menyerang cukup kuat.

Guardiola lantas mencoba Kimmich bermain sebagai gelandang atau pun pemain sayap. Ternyata dia cukup sukses dan membuat Bayern Munchen menemukan pengganti Philipp Lahm yang pensiun pada 2017 lalu.

Fleksibilitas Kimmich dalam bermain itu membuat Xavi menilai si pemain memiliki kecerdasan dalam bermain sepak bola. Menurut dia, Kimmich bisa menerapkan apa pun permintaan pelatih kepadanya. Visinya dalam bermain juga cukup tajam sehingga membuat dia cocok bermain untuk Barcelona.

"Dia bisa bermain di banyak posisi. Dia akan menjadi pemain yang sempurna untuk Barcelona. Dalam karir saya, saya selalu memuka mata mencari pemain yang cocok untuk Barca. Seperti juga Philipp Lahm, Joshua Kimmich tak diragukan lagi akan cocok dengan Barcelona tanpa masalah," ujarnya.

Posisi bek kanan memang menjadi salah satu kelemahan Barcelona sejak ditinggal Daniel Alves hengkang ke Juventus pada 2016 lalu. Mereka sempat memiliki Aleix Vidal namun gagal dan akhirnya kembali di jual.

Sejak saat itu, Barcelona kerap memainkan Sergi Roberto di posisi tersebut. Padahal dia sebenarnya berposisi sebagai gelandang. Musim lalu, Barcelona mendatangkan Nelson Semedo. Namun pesepakbola asal Portugal itu masih belum mendapatkan kepercayaan penuh dari Pelatih Ernesto Valverde.

Namun Joshua Kimmich tampaknya tak akan menjadi prioritas transfer Barcelona saat ini. Mereka lebih membutuhkan pemain di posisi bek kiri dan penyerang tengah karena hanya memiliki Jordi Alba dan Luis Suarez. Selain itu Bayern Munchen juga tak akan menjual murah Kimmich yang merupakan salah satu aset terbaik mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper