Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Gol Ronaldo Antar Juventus Tekuk Sampdoria

Juventus meraih kemenangan 2 - 1 atas tamunya Sampdoria dalam pertandingan pembuka pekan ke-19 Serie A Italia di Stadion Allianz, Turin.
Striker Juventus Cristiano Ronaldo/Reuters-Alberto Lingria
Striker Juventus Cristiano Ronaldo/Reuters-Alberto Lingria

Bisnis.com, JAKARTA – Juventus meraih kemenangan 2 - 1 atas tamunya Sampdoria dalam pertandingan pembuka pekan ke-19 Serie A Italia di Stadion Allianz, Turin, pada Sabtu (29/12/2018) malam.

Video asisten wasit (VAR) membantu Juve mengamankan raihan 3 poin, di mana wasit Paolo Valeri setelah meninjau VAR memutuskan tidak mengesahkan gol pemain Sampdoria Riccardo Saponara pada fase akhir pertandingan, yang jika disahkan akan mengubah skor menjadi imbang 2 – 2.

Kedua gol Bianconerri dibukukan oleh megabintang Cristiano Ronaldo pada menit ke-2 dan melalui penalti pada menit ke-65, sedangkan gol balasan Sampdoria dibukukan melalui penalti Fabio Quagliarella pada menit ke-33.

Tambahan 3 angka membawa Juve menutup perjalanannya di separuh musim dengan koleksi 53 poin untuk memperkokoh posisinya di peringkat satu, sekaligus untuk sementara unggul 12 poin atas tim peringkat kedua Napoli, sedangkan Sampdoria tertahan di peringkat kelima dengan koleksi 29 poin.

Juve hanya memerlukan waktu 2 menit untuk memecah kebuntuan, ketika Ronaldo mendapat umpan silang dari Paulo Dybala di tepi kotak penalti. Dia bergerak memotong dan melepaskan tembakan mendatar kaki kanan ke sudut bawah gawang.

Kiper Sampdoria Emil Audero Mulyadi, yang berdatah Indonesia dan berstatus pinjaman dari Juventus, tidak mampu bereaksi dengan cukup cepat dan mungkin terpengaruh sorotan sinar matahari.

Dennis Praet melepaskan sepakan melebar, demikian pula yang dilakukan Dybala saat mendapat umpan dari Giorgio Chiellini, tetapi Sampdoria memiliki peluang bagus saat tendangan sudut Gianluca Caprari dapat disapu sebelum melewati garis gawang oleh Alex Sandro.

Bagaimanapun, wasit merasa perlu meninjau ulang insiden itu melalui VAR dan penalti diberikan karena siku Emre Can sempat mengenai bola. Quagliarella menjadi eksekutor dan sukses mengecoh kiper Mattia Perin untuk mengemas gol untuk kesembilan kalinya secara beruntun di Serie A.

Pemain terakhir yang mampu mengukir catatan serupa adalah David Trezeguet saat membela Juventus pada 2005.

Arah pertandingan segera berubah, saat Sampdoria berupaya menggebrak dan memiliki beberapa peluang yang gagal dimanfaatkan serta tendangan bebas yang terdefleksi lengan Perin dari jarak dekat.

Menjelang turun minum, Juve mengancam melalui tembakan Dybala yang masih dapat ditepis Audero Mulyadi, dan kemudian Mario Mandzukic tidak mampu mengejar umpan silang Ronaldo.

Blucerchiati terus menebar ancaman, Perin meredam upaya Caprari pada situasi serangan balik, namun Audero Mulyadi melakukan penyelamatan sensasional dengan menggagalkan sepakan voli Blaise Matuidi.

Kiper kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat, dan putra Edy Mulyadi itu kembali berjibaku menyelamatkan gawangnya, kali ini ia terbang untuk menepis upaya Ronaldo pada menit ke-60.

Beberapa saat kemudian, tandukan Ronaldo dari umpan silang Matuidi tepat sasaran, tetapi bola masih terdefleksi punggung Omar Colley.

Titik balik pertandingan ini kembali terjadi dari titik putih, kali ini Alex Ferrari dinyatakan mengenai bola dengan tangannya saat situasi tendangan sudut. Wasit melihat VAR untuk mengonfirmasi keputusannya, meski lengan tersebut terlihat menempel pada badan, wasit memberikan penalti dan Ronaldo mampu menaklukkan Audero Mulyadi.

Pada fase akhir pertandingan, penyelamatan tidak sempurna Perin memicu serangan Sampdoria dan pemain pengganti Saponara melepaskan sepakan yang masuk ke sudut atas gawang.

Namun, tinjauan VAR memperlihatkan Gregoire Defrel sempat menyentuh bola untuk menjadi assist dan bukan Alex Sandro, sehingga Saponara berada di posisi offside dan gol itu dianulir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/LegaSerieA.it
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper