Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Akhirnya Tunjuk Simon McMenemy Jadi Pelatih Timnas Indonesia

PSSI Akhirnya Tunjuk Simon McMenemy Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Simon McMenemy melatih tim nasional senior Indonesia menggantikan juru taktik sebelumnya Bima Sakti.

"Pelatih timnas senior Indonesia adalah Simon McMenemy dan dia akan dikontrak selama dua tahun. Dia akan menangani tim sampai Piala AFF tahun 2020," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Menurut Joko, penunjukan Simon McMenemy didasarkan pada beberapa hal yaitu target timnas, sumber daya tim, kesesuaian dengan program PSSI dan finansial federasi.

Simon juga dianggap memiliki catatan prestasi yang baik selama berkarier di Indonesia, khususnya saat menangani klub Bhayangkara FC di Liga 1 tahun 2017 dan 2018.

Simon berhasil mempersembahkan gelar juara Liga 1 Indonesia tahun 2017. Lalu pada musim 2018, dia mengantarkan timnya merebut posisi ketiga Liga 1 dan berpeluang tampil di turnamen Asia.

Di Bhayangkara, Simon mampu memadukan bakat-bakat muda dan senior. Nama-nama belia seperti Nurhidayat Haji Haris (19 tahun), I Putu Gede (23 tahun), Sani Rizki (20 tahun) dapat bekerja sama dengan apik dengan pemain senior layaknya Vladimir Vujovic (36 tahun) dan Herman Dzumafo (38 tahun).

Sebagai informasi, kontrak Simon di Bhayangkara baru berakhir pada Januari 2019.

"Kami memilih Simon dari beberapa nama calon yang ada. Simon sesuai dengan klasifikasi kami," tutur Joko.

Simon sendiri sebelumnya kerap menyatakan minatnya untuk melatih timnas Indonesia. 

Pria asal Skotlandia tersebut mengatakan, dirinya sudah mengetahui karakter para pemain Indonesia setelah sekitar empat tahun malang melintang di klub-klub Tanah Air.

Pelatih berusia 40 tahun itu pun mengklaim dapat menemukan talenta-talenta anyar dan membantu para pemain timnas khususnya pemain muda mencapai performa terbaik.

"Ketika saya menangani sebuah tim, saya selalu mau membuat perubahan positif. Tidak hanya melatih, saya harus bisa mengeluarkan kemampuan terbaik para pemain. Saya akan sangat senang jika itu terjadi," tutur Simon. 

Pihak manajemen Bhayangkara FC sudah menyatakan ikhlas dan mendukung jika Simon ditetapkan menjadi pelatih timnas.

Manajer Bhayangkara FC AKBP Sumardji juga berjanji akan mencari pelatih anyar untuk timnya kalau Simon menangani timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper