Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Grup F Liga Champions, Lyon Dampingi ManCity ke 16 Besar

Lyin mendampingi Manchester City mewakili Grup F ke 16 besar Liga Champions Eropa.
Penyerang sayap Lyon Memphis Depay/Reuters-Emmanuel Foudrot
Penyerang sayap Lyon Memphis Depay/Reuters-Emmanuel Foudrot

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain sayap Leroy Aziz Sane mengemas dua gol untuk mengantarkan Manchester City mengalahkan tamunya, Hoffenheim, dengan skor 2 - 1 dalam laga pamungkas penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Kamis (13/12/2018) pagi WIB.

Kemenangan itu sekaligus menegaskan tim besutan Pep Guardiola menjadi juara Grup F dengan koleksi 13 poin, sedangkan Hoffenheim (3) menjadi juru kunci klasemen, demikian catatan pertandingan laman resmi Union of European Associations (UEFA).

City memang telah dipastikan menjadi juara Grup F sebelum pertandingan dimulai karena secara matematis kemenangan klub Ligue 1 Prancis Lyon tak akan mampu mengejar nilai anak asuh jawara Liga Primer Inggris tersebut.

ManCity lolos ke babak 16 besar didampingi Olympique Lyon (8) yang berakhir di urutan kedua usai menahan imbang Shakhtar Donetsk (6) dengan skor 1-1 di Ukraina.

Di Manchester, Hoffenheim sebetulnya sempat melambungkan asa mereka merebut tiket babak 32 besar Liga Europa setelah memiliki keunggulan lebih dulu lewat gol Andrej Kramaric pada menit ke-16.

Gol tersebut dicetak Kramaric dari titik putih setelah Benjamin Hubner dijatuhkan Aymeric Laporte di area terlarang.

Namun, City tetap percaya diri menguasai jalannya pertandingan, meskipun tendangan bebas Ilkay Guendogan yang disambut Nicolas Otamendi hanya menghantam mistar gawang pada menit ke-34.

Di pengujung babak pertama, Sane akhirnya berhasil membawa City menyamakan kedudukan lewat eksekusi tendangan bebasnya yang melengkung tak terjangkau kiper Oliver Baumann.

Sane meneruskan keberhasilan City bangkit dari ketertinggalan dengan memanfaatkan umpan satu dua sentuhan bersama Raheem Sterling sebelum menyelesaikannya lewat sepakan keras ke gawang Hoffenheim pada menit ke-61.

Phil Foden hampir turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-76, jika saja tendangan volinya yang menyambut umpan silang Sterling tak mampu diselamatkan dengan gemilang oleh Baumann.

Sementara itu, pada saat bersamaan Lyon lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah menahan imbang tuan rumah Shakhtar Donetsk dengan skor 1 - 1 dalam laga penutup Grup F di Stadion Olimpiade Kiev, Ukraina.

Tambahan satu poin membuat tim besutan Bruno Genesio finis di peringkat kedua klasemen dengan raihan 7 poin, unggul dua poin dari Shakhtar (5) di urutan ketiga, demikian laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Lyon akan mendampingi jawara Liga Inggris Manchester City (13) yang memastikan diri menjadi jawara Grup F usai menang 2-1 atas klub Jerman Hoffenheim (3) di pertandingan lain, sedangkan Shakhtar akan turun kasta ke babak 32 besar Liga Europa.

Lyon memperoleh peluang berbahaya lebih dulu saat Bertrand Traore berhadapan satu lawan satu dengan kiper Andriy Pyatov pada menit ke-19, namun sepakannya masih bisa digagalkan menggunakan kaki oleh penjaga gawang tuan rumah.

Hanya 3 menit setelah situasi tersebut, Shakhtar justru membuka keunggulan saat Junior Moraes memanfaatkan umpan kiriman Ismaily untuk menaklukkan kiper Anthony Lopes.

Traore kembali membuang kesempatan yang dimiliki Lyon pada menit ke-31 saat ia menerima umpan Houssem Aouar namun penyelesaiannya masih melenceng dari sasaran.

Lantas pada menit ke-38 giliran Memphis Depay yang membuang peluang atas umpan Aouar.

Dua peluang lagi terbuang bagi Lyon pada pengujung babak pertama saat sepakan Ferland Mendy melenceng tak karuan dan Depay gagal menyambut umpan kiriman Mendy.

Lyon akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Shakhtar pada menit ke-54 melalui Mendy, namun gol tersebut dianulir lantaran ia terlanjur berada dalam posisi offside ketika Fekir melepaskan umpan.

Fekir akhirnya betul-betul mencetak gol penyama kedudukan bagi Lyon pada menit ke-65 saat ia melepaskan tendangan melengkung menyambut umpan tarik Memphis Depay.

Skor tersebut membuat Lyon berbalik mati-matian mempertahankan kedudukan yang menempatkan mereka lebih unggul di klasemen dari lawannya itu.

Lopes melakukan penyelamatan penting pada menit ke-82 saat ia menggagalkan Maycon dalam duel satu lawan satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper