Hasil Liga Italia: Napoli Pesta Gol. Roma, Lazio Terganjal di Laga Dramatis

Napoli menggasak Frosinone empat gol tanpa balas, sementara dua tim ibu kota tersandung, hanya bisa meraih hasil imbang dalam lanjutan pekan ke-15 Serie A Italia.
M. Syahran W. Lubis | 09 Desember 2018 07:40 WIB
Pemain Napoli Arkadisuz Milik (keempat kiri) menjebol gawang Frosinone. - Reuters/Ciro de Luca

Bisnis.com, JAKARTA – Napoli menggasak Frosinone empat gol tanpa balas, sementara dua tim ibu kota tersandung, hanya bisa meraih hasil imbang dalam lanjutan pekan ke-15 Serie A Italia.

Napoli menghancurkan Frosinone dengan skor 4 - 0 di Stadio San Paolo, hasil yang membuat pasukan Carlo Ancelotti kini mengoleksi 35 poin, terpaut 8 angka di belakang pemimpin klasemen Juventus yang sebelumnya menaklukkan Inter Milan 1 - 0.

Bagi Frosinone, kekalahan ini memaksa mereka masih terpuruk di zona merah, dengan koleksi 8 poin mereka masih berada di peringkat ke-19.

Ancelotti melakukan banyak perubahan menjelang pertandingan menentukan di Liga Champions melawan Liverpool, termasuk memberi kesempatan melakukan debut kepada kiper Alex Meret.

Kiper 21 tahun yang didatangkan dari Udinese pada musim panas lalu dengan nilai transfer 22 juta euro, tapi mengalami patah tangan pada sesi latihan keduanya, dan kemudian ia masih diganggu masalah pada bahunya.

Faouzi Ghoulam kembali memperkuat tim setelah mengalami cedera ligamen ikat pada lututnya pada November 2017.

Napoli hanya memerlukan 7 menit untuk memecah kebuntuan, ketika tendangan sudut tidak disapu dengan efektif dan Piotr Zielinski melepaskan sepakan ke sudut jauh gawang dari dalam kotak penalti.

Tuan rumah terus menekan dan memiliki peluang dari umpan silang yang dilewatkan Arkadiusz Milik, dan Ghoulam kemudian melepaskan sepakan melengkung dari dalam kotak penalti, yang masih dapat ditepis kiper Frosinone Marco Sportiello.

Adam Ounas yang tampil gemilang kemudian menggandakan keunggulan Napoli dengan sepakan kaki kirinya untuk menembus masuk ke ke sudut dekat gawang Frosinone pada menit ke-40.

Pada awal babak kedua, terdapat dua peluang emas bagi Napoli, yang pertama Sportiello masih dapat menggagalkan sepakan mendatar Lorenzo Insigne yang ditujukan kepada Milik, kemudian sepakan Ounas dari jarak dekat membentur mistar gawang.

Ounas memaksa Sportiello kembali melakukan penyelamatan dengan tembakan kaki kirinya, tapi dari tendangan sudut yang dihasilkan, Ghoulam dapat mengirimkan bola kepada Milik di tiang dekat pada menit ke-68. Ini kemudian menjadi gol melalui sundulan kepala untuk pertama kalinya di musim ini bagi Napoli.

Ghoulam menjadi pemberi assist untuk Milik pada menit ke-84 saat bola operannya dapat dimaksimalkan pemain internasional Polandia yang sedang tidak terkawal itu, setelah dia lolos dari perangkap offside.

Di dua laga lainnya yang berakhir dramatis, dua tim ibu kota, AS Roma dan Lazio, hanya bisa meraih hasil imbang masing-masing dengan skor 2 - 2. Roma seri kandang Cagliari, Sardegna Arena, sedangkan Lazio ditahan Sampdoria yang dikawal kiper berdarah Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Dengan hasil-hasil tersebut, Lazio tetap di peringkat kelima dengan 25 poin, sedangkan Roma menghuni peringkat ketujuh dengan 21 poin.

Berstatus tim tamu di Sardegna Arena, Roma justru mampu membuka keunggulan pada menit ke-14 melalui sepakan Bryan Cristante. Giallorossi kemudian menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas Aleksandar Kolarov yang terdefleksi pada menit ke-41.

Tekanan dari tuan rumah, yang masih tidak terkalahkan di kandang sendiri pada musim ini, terbayar ketika Artur Ionita mencetak gol balasan pada menit ke-84.

Pergerakan gagah berani dari kiper Roma Robin Olsen membuatnya bertabrakan dengan Paolo Farago dan itu memicu kemarahan kubu Cagliari, yang kemudian harus kehilangan sekaligus dua pemain Luca Ceppitelli dan Darijo Srna karena mendapat kartu merah akibat perselisihan pada saat injury time telah berjalan 3 menit.

Ketika harus bermain dengan sembilan pemain, Cagliari malahan mampu menyamakan kedudukan melalui sosok legendaris klub Marco Sau yang mendapat umpan terobosan dari Ionita kertika injury time memasuki menit ke-5.

Lazio pun gagal mengamankan tiga poin saat menjamu Sampdoria. Fabio Quagliarella membawa tim tamu memimpin terlebih dahulu saat ia menyambar umpan silang mendatar Nicola Murru pada menit ke-21.

Pada babak kedua, Lazio mampu menyamakan kedudukan dan membalikkan situasi melalui gol Francesco Acerbi pada menit ke-79 dan eksekusi penalti Ciro Immobile ketika injury time berjalan 6 menit.

Penalti diberikan wasit Davide Massa setelah bek Sampdoria Bartosz Bereszyski melakukan pelanggaran di kotak terlarang yang membuatnya diganjar kartu kuning kedua sehingga tamu mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain.

Namun, harapan tuan rumah untuk meraih 3 poin musnah justru setelah lawan bermain dengan 10 orang, saat pemain pengganti Riccardo Saponara—yang baru masuk pada menit 82 menggantikan Gaston Ramirez—mencetak gol akrobatik pada menit ke-99 sehingga skor akhir 2 - 2.

Hasil pertandingan pekan ke-15 hingga Minggu (9/12/2018) pagi WIB: Juventus 1 vs Inter Milan 0; Napoli 4 vs Frosinone 0; Cagliari 2 vs AS Roma 2; Lazio 2 vs Sampdoria 2.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 9 Desember:

18:30   Sassuolo vs Fiorentina

21:00   Empoli vs Bologna

21:00   Parma vs Chievo Verona

21:00   Udinese vs Atalanta

Senin, 10 Desember:

00:00   Genoa vs SPAL

02:30   AC Milan vs Torino.

Sumber : Reuters & Antara/LegaSerieA.it

Tag : liga italia, napoli
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top