Hasil Liga Inggris: Chelsea Beri ManCity Kekalahan Pertama, MU Akhirnya Menang

Chelsea memberi kekalahan pertama bagi juara bertahan Manchester City, sementara Tottenham Hotspur merangsek naik ke peringkat ketiga setelah menghantam Leicester City di pekan ke-16 Liga Primer Inggris.
M. Syahran W. Lubis | 09 Desember 2018 06:23 WIB
Ujung tombak Manchester United Marcus Rashford - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Chelsea memberi kekalahan pertama bagi juara bertahan Manchester City, sementara Tottenham Hotspur merangsek naik ke peringkat ketiga setelah menghantam Leicester City di pekan ke-16 Liga Primer Inggris.

Manchester City akhirnya merasakan kekalahan perdana mereka di Liga Inggris musim ini ketika mereka takluk dari tuan rumah Chelsea dengan skor 0 - 2 dalam laga di Stadion Stamford Bridge, London. Adalah gol dari N'Golo Kante dan David Luiz yang menyokong kemenangan Chelsea tersebut.

Hasil itu membuat Chelsea mempertahankan peringkat keempat dengan 34 poin, sedangkan City (41) berada di urutan kedua serta harus merelakan Liverpool (42) melanjutkan penguasaannya atas posisi puncak setelah beberapa jam sebelumnya menghantam Bournemouth 4 - 0.

Kedua tim sama-sama mengawali pertandingan dengan tak menempatkan penyerang murni di starting line up masing-masing. Eden Hazard menempati posisi tengah dalam trisula lini depan Chelsea, sedangkan di tempat serupa untuk City terdapat Raheem Sterling.

Sterling memberikan sinyal ia akan sukses mengisi pos tersebut ketika memperoleh peluang saat laga baru berjalan sembilan menit dan ia menerima umpan matang kiriman Fernandinho, namun sepakannya tak mampu menaklukkan kiper Kepa Arrizabalaga.

Pada menit ke-32 giliran Leroy Aziz Sane yang melakukan aksi individual menawan hingga membuat bek Chelsea Cesar Azpilicueta terjatuh, namun sepakannya masih membentur barisan pertahanan tuan rumah.

City terus menguasai jalannya pertandingan babak pertama, namun di tepat di pengujung waktu normal Chelsea malah mencuri keunggulan saat Hazard melepaskan umpan yang segera disambar tendangan keras Kante.

Keunggulan tersebut memberikan kepercayaan diri lebih bagi Chelsea, yang segera memaksa kiper City Ederson Moraes melakukan penyelamatan penting saat babak kedua baru berjalan 4 menit, saat Willian Borges melepaskan tendangan bebas.

Sejak itu Chelsea terlihat lebih nyaman menguasai jalannya pertandingan tiap kali mereka memiliki bola sembari menutup setiap celah yang ada kala City mencoba membangun serangan.

Chelsea menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-78 saat David Luiz melompat lebih tinggi di dalam kotak penalti untuk menyundul bola sepak pojok Hazard ke dalam gawang Ederson.

Pada masa injury time, Kepa melakukan kesalahan atas umpannya yang direbut pemain lawan, namun ia membayarnya lunas dengan penyelamatan gemilang atas peluang emas yang dimiliki Gabriel Jesus, memastikan skor 2 - 0 bagi Chelsea bertahan hingga laga usai.

Dalam pertandingan lainnya, di Stadion King Power di Leicester, Tottenham Hotspur juga menang 2 - 0 atas tuan rumah Leicester City.

Pelatih Mauricio Pochettino tak menurunkan bomber Harry Kane sejak awal, tetapi perannya bisa digantikan dengan sempurna oleh Son Heung-min yang mencetak gol pembuka saat babak pertama telah memasuki injury time serta memasok assist untuk gol kedua yang dilesakkan Dele Alli pada menit 58.

Kane baru masuk pada menit ke-74 untuk menggantikan Son, tetapi tak ada lagi gol tambahan bagi Spurs hingga laga usai dengan skor 0 - 2 untuk tamu dari London.

Kemenangan itu mengangkat Spurs ke slot ketiga klasemen dengan nilai 36 atau 2 lebih baik daripada peringkat keempat Chelsea dan peringkat kelima Arsenal yang menang 1-0 atas Huddersfield Town di Stadion Emirates di London berkat gol akrobatik Lucas Torreira 7 menit menjelang laga usai.

Sementara itu, Manchester United kembali ke jalur 3 poin setelah dalam empat pertandingan sebelumnya hanya mampu meraih tiga kali seri dan satu kalah dengan menghancurkan Fulham 4 - 1 di Stadion Old Trafford.

Marcus Radhford menjadi pemain penting yang mencetak satu gol dan memasok dua assist untuk membawa kemenangan besar bagi MU.

Dia memasok assist untuk dua gol awal MU yang dicetak Ashley Young (13’) dan Juan Mata (28’). Gol ketiga MU lahir 4 menit menjelang rehat melalui Romelu Lukaku dengan assist Juan Mata. Ini gol pertama Lukaku di Old Trafford sejak Maret lalu.

Pada babak kedua, Aboubakar Kamara sempat memperkecil ketinggalan untuk Fulham melalui gol penaltinya pada menit 67. Namun, MU memulihkan keunggulan selisih tiga gol lewat kontribusi Rashford 8 menit menjelang bubaran dengan memaksimalkan assist Young.

Penderitaan Fulham bertambah lantaran Andre-Frank Anguissa pada menit 68 menerima kartu kuninbg kedua dari wasit Lee Probert sehingga harus meninggalkan lapangan.

Berkat tambahan 3 angka, MU ke posisi keenam dengan nilai 26, sedangkan Fulham semakin terbenam di dasar klasemen dengan nilai hanya 9.

Hasil pekan ke-16 hingga Minggu (9/12/2018) pagi WIB: Bournemouth 0 vs Liverpool 4; Arsenal 1 vs Huddersfield Town 0; Burnley 1 vs Brighton & Hove Albion 0; Cardiff City 1 vs Southampton 0; Manchester United 4 vs Fulham 1; West Ham United 3 vs Crystal Palace 2; Chelsea 2 vs Manchester City 0; Leicester City 0 vs Tottenham Hotspur 2.

Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/PremierLeague.com

Tag : chelsea, liga inggris, manchester city, manchester united
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top