Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Argentina Ingin Ada UU Penindak Tegas Perusuh Sepak Bola

Presiden Argentina pada Senin menyerukan agar Kongres dalam sesi khususnya meloloskan RUU yang akan menindak tegas aksi hooliganisme.
Boca Juniors/Reuters-Enrique Marcarian
Boca Juniors/Reuters-Enrique Marcarian

Bisnis.com, BUENOS AIRES – Presiden Argentina pada Senin menyerukan agar Kongres dalam sesi khususnya meloloskan RUU yang akan menindak tegas aksi hooliganisme sepak bola setelah pada akhir pekan lalu mewarnai pertandingan terakhir turnamen utama klub di kawasan regional Amerika Selatan itu.

Presiden Mauricio Macri menginginkan sebuah undang-undang yang akan lebih keras menghukum berbagai jenis kekerasan yang pada akhir pekan menutup leg kedua final sepak bola Copa Libertadores antara River Plate dan Boca Juniors.

Kerusuhan tersebut dinilai memalukan bagi negara itu ketika Argentina bersiap menjadi tuan rumah pertemuan puncak negara-negara G20 pada Jumat.

Macri yang tampak marah tampil di televisi untuk mengecam organisasi fans sepak bola kriminal, yang disebut Barras Bravas, yang terkenal karena sering berurusan dengan narkoba, memeras penggemar dan meminta uang perlindungan dari usaha kecil yang berlokasi di dekat stadion.

"Kami menolak mafia yang sering berada di belakang jenis kekerasan ini," kata Macri. "Saya harap setelah rasa malu ini, kita bisa mendapatkan undang-undang yang disahkan dalam sesi ekstra Kongres."

Menteri Keamanan Patricia Bullrich mengatakan undang-undang itu akan memberlakukan sanksi terhadap kekerasan terkait dengan pertandingan sepak bola.

Leg yang menentukan dari turnamen itu telah dijadwalkan lagi dimainkan pada Sabtu, tetapi terpaksa ditunda sampai Minggu setelah pemain Boca terluka saat bus mereka diserang fans River di luar stadion Monumental di Buenos Aires.

Beberapa pemain Boca belum cukup pulih pada hari Minggu, jadi pertandingan itu ditunda lagi. Para pemimpin kedua klub diharapkan bertemu pada Selasa untuk memutuskan kapan pertandingan harus dijadwal ulang.

Macri mengatakan insiden itu sangat "menyedihkan dan membuat frustrasi" karena terjadi lima hari sebelum pertemuan blok G20 negara-negara industri di Buenos Aires, yang ia sebut-sebut sebagai bagian dari upaya negara itu menarik investasi asing meskipun tingginya tingkat inflasi dan resesi.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya marah dengan pembebasan 23 orang yang ditangkap secepatnya setelah kejadian pada Sabtu. Dia mengatakan, hal ini menunjukkan perlunya hukum yang lebih ketat terhadap hooligan sepak bola.

"Orang-orang itu bebas. Saya tidak mengerti. Saya tidak mengerti atas nama semua orang Argentina," kata Macri dengan nada suara tinggi. "Saya tidak mengerti reaksi sistem peradilan."

Copa Libertadores adalah turnamen di Amerika Selatan yang setara dengan Liga Champions Eropa. Tahun ini menandai pertama kalinya dua klub terbesar Argentina saling bertemu untuk memperebutkan gelar juara itu.

Pertarungan sesama tim yang bermarkas di Buenos Aires itu itu disebut-sebut sebagai final terbesar dalam sejarah 58 tahun kompetisi teratas se-Amerika Selatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper