Hasil Indonesia Vs Filipina: Indonesia Gagal Menang, Filipina & Thailand ke Semifinal

Hasil Indonesia Vs Filipina: Indonesia Gagal Menang, Filipina & Thailand ke Semifinal
Andhika Anggoro Wening | 25 November 2018 21:10 WIB
Suporter Timnas Indonesia - Bisnis/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan timnas Indonesia vs Filipina di lanjutan Piala AFF 2018 Grup B di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (25/11/2018) malam akhirnya harus bermain imbang 0-0.

Dalam laga y ini, pelatih Indonesia, Bima Sakti menurunkan duet sayap Andik Vermansah dan Riko Simanjuntak untuk membantu kinerja penyerang tunggal Alberto "Beto" Goncalves serta gelandang serang Stefano Lilipaly.

Di posisi penjaga gawang, pelatih timnas Indonesia Bima Sakti menurunkan Andritany Ardhiyasa yang saat partai melawan Thailand duduk di bangku cadangan.

Nama Rizky Pora masuk lagi ke tim inti sebagai bek kiri. Ia menggantikan Alfath Fathier yang berlaga di dua pertandingan sebelumnya, yakni menghadapi Timor Leste dan Thailand. Jabatan kapten Indonesia masih diemban oleh Hansamu Yama Pranata.

Sementara di kubu Filipina, pelatih Sven-Goran Eriksson mempertahankan susunan pemain terbaiknya. Ada nama-nama seperti sang kapten sekaligus penyerang Philip Younghusband, serta gelandang Manuel Ott dan Stephan Schrock dalam skuat "The Azkals" dalam laga kontra Indonesia.

Di babak pertama, Indonesia yang banyak mengandalkan pergerakan sayap, Andik dan Riko tidak terlalu berbuat banyak karena Filipina dengan cerdik menutup semua celah di sektor ini dan menumpuk pemain di lini tengah. Hanya sesekali Phil Younghusband dan Patrick Reichelt melakukan serangan balik ke daerah pertahanan Indonesia.

Timnas Garuda tidak benar-benar tidak mendapat peluang matang di babak pertama. Kesalahan pasing dan monotonnya serangan yang dimulai dari sayap membuat Beto tidak bisa berbuat banyak.

Sementara Filipina yang mengandalkan umpan jauh dan beberapa kali merepotkan Hansamu Yama dan Fachrudin. Skor Indonesia vs Filipina di babak pertama berakhir imbang 0-0.

Di babak kedua, Bima Sakti mengganti Andik dengan Irfan Jaya guna menambah daya gedor, tapi usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Kreasi peluang tidak ada karena masih mengandalkan sayap, dan koordinasi antar lini tidak berjalan dengan baik.

Indonesia yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga harga diri akhirnya harus relah cuma bermain imbang 0-0 hingga pertandingan selesai.

Dengan hasil ini, Indonesia ada di posisi empat klasemen Grup B dengan nilai empat dari empat pertandingan. Sedangkan Filipina lolos ke semifinal sebagai runner up grup B dengan nilai delapan menemani Thailand yang keluar sebagai juara grup B dengan nilai 10.

Thailand yang menghadapi Singapura di Stadion Rajamangala menang dengan skor telak 3-0. Tiga gol Thailand dicetak Irfan Fandi Ahmad (bunuh diri), Supacahai Jaided dan Adisak Kraisorn.

Thailand di babak semifinal akan berhadapan dengan runner up Grup A, Malaysia, sementara Singapura bertemu Vietnam juara Grup A.

Susunan pemain Indonesia vs Filipina:

Indonesia: Andritany Ardhiyasa-pg, Rizki Pora, Hansamu Yama (kapten), Fachrddin Aryanto, I Putu Gede Juni Antara, Zulfiandi, Evan Dimas, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves.

Filipina: Michael Falkesgaard-pg, Carlos Alberto de Murga, Daisuke Caumanday, Martin Markus Steuble, Alvaro Linares Silva, Manuel Ott, Stephan Schrock, John Strauss, Jovin Hervas, Patrick Alcala Reichelt, Philip Younghusband (kapten).

Tag : timnas indonesia
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top