Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Filipina Menang Tapi Hanya 1 – 0 vs Singapura, Indonesia Diuntungkan

Indonesia sukses menundukkan Timor Leste 3 – 1 dan Filipina mengatasi Singpura 1 – 0 di Manila dalam pertandingan Grup B Piala AFF (Asean Football Federation) pada Selasa (13/11/2018) malam.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 13 November 2018  |  22:19 WIB
Filipina Menang Tapi Hanya 1 – 0 vs Singapura, Indonesia Diuntungkan
Penyerang Timnas Indonesia Stefano Lilipaly menjebol gawang Timor Leste dari titik penalti. - Bisnis.com/Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia sukses menundukkan Timor Leste 3 – 1 dan Filipina mengatasi Singapura 1 – 0 di Manila dalam pertandingan Grup B Piala AFF (Asean Football Federation) pada Selasa (13/11/2018) malam.

Kemenangan Indonesia memelihara asa skuat Merah Putih untuk melaju ke semifinal setidaknya sebagai runner up Grup B.

Di sisi lain, kemenangan Filipina atas Singapura berkat gol tunggal Patrick Reichelt 12 menit menjelang laga usai menguntungkan Indonesia.

Satu hal Indonesia diuntungkan oleh hasil kemenengan Filipina. Artinya, Singapura tidak leading dibandingkan dengan Indonesia dan Filipina dalam perhitungan klasemen akhir dengan asumsi bahwa Indonesia, Singapura, dan Filipina menang atas Timor Leste dan kalah dari Thailand.

Di sisi lain, kemenangan Filipina yang hanya 1 – 0 membuka peluang Indonesia akan menang selisih gol jika pada klasemen akhir Grup B nilai Indonesia, Filipina, dan Singapura sama-sama 6.

Sayangnya, jadwal Indonesia jumpa Timor Leste lebih dulu ketimbang dua rival itu berhadapan dengan tim terlemah di Grup B tersebut sehingga skuat Bima sakti tak tahu persis berapa takaran mestinya mereka mencetak gol.

Regulasi Piala AFF kali ini mendahulukan perhitungan selisih gol daripada hasil head to head apabila ada dua tim atau lebih memiliki nilai sama di klasemen akhir fase grup.

Namun, Hansamu Yama dan kawan-kawan bisa melepaskan diri dari perhitungan selisih gol dengan Singapura dan Filipina apabila bisa setidaknya menahan seri—apalagi menang—atas Thailand saat melawat ke Bangkok pada Sabtu (17/11/2018) malam.

Hal bagus lain yang menguntungkan Indonesia apabila Filipina dan Singapura gagal menaklukkan Timor Leste sambil berharap keduanya dikalahkan Thailand.

Satu hal lain yang perlu dicatat ialah Indonesia harus menang ketika menjamu Filipina pada Minggu (25/11/2018) dengan selisih gol sebesar mungkin kecuali jika Indonesia sukses mencuri poin di Bangkok atau dua rival, Singapura dan Filipina, gagal mengalahkan Timor Leste.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia piala aff
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top