Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala AFF 2018 Futsal: Ditekuk Thailand, Indonesia Gagal ke Final

Hasil Piala AFF 2018 Futsal: Ditekuk Thailand, Indonesia Gagal ke Final
Pertandingan Futsal Piala AFF 2018/Aseanfootball
Pertandingan Futsal Piala AFF 2018/Aseanfootball

Bisnis.com, JAKARTA - Impian timnas futsal Indonesia melenggang sampai ke babak final Piala AFF Futsal atau AFF Futsal Championship 2018 kandas. Indonesia ditekuk Thailand dengan skor 3-2 dalam laga semifinal di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat, 9 November 2018.

Atas kekalahan itu, Timnas Futsal Indonesia tinggal memiliki kesempatan berebut posisi ketiga melawan juara dari partai laga Vietnam versus Malaysia yang digelar di hari dan tempat yang sama.

"Laga ini kami akui sangat keras, baik secara taktikal dan fisik, tapi anak-anak sudah bermain habis-habisan, saya berterima kasih untuk mereka," ujar pelatih Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi usai laga.

Kensuke melihat dari kekalahan ini, ia menilai faktor pengalaman menjadi pengaruh utama. Terutama bagaimana strategi untuk membalikkan keadaan. Hal ini akan menjadi materi utama dalam pembenahan taktikal timnas futsal Indonesia.

Kensuke melihat dari laga lawan Thailand yang menyisakan selisih tipis gol ini ia melihat ada kemajuan yang dialami timnas Indonesia dibanding saat lawan Malaysia lalu yang berakhir dengan skor 7-5. "Anak-anak sudah bermain lebih solid," ujarnya. Meski demikian Kensuke memaklumi juga anak asuhnya masih sering melakulan kesalahan individual.

Sementara pelatih Thailand Jose Maria Pazos Mendes sudah menduga sejak awal bakal menghadapi bakal menjalani pertandingan berat di semifinal ini kala bertemu Indonesia. "Permainan Indonesia sangat baik dan membuat kami berkali kali kewalahan dan hilang fokus, Indonesia sempat bisa mengejar kami," ujarnya.

Mendez menilai, babak pertama lawan Indonesia yang menurutnya sangat berat karena timnya sering kehilangan peluang akibat gempuran Indonesia.

Dalam laga itu, Indonesia langsung ditekan serangan tanpa henti Thailand sejak menit pertama. Akibatnya Indonesia harus merasakan kebobolan lebih dulu di menit ke-6 lewat tendangan keras pemain Thailand nomor 9 Apiwat Chaemcroen. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Memasuki menit ke-10, Indonesia mulai panas dan berusaha membalas lewat tendangan Subhan Faidasa namun masih bisa diantisipasi kiper Thailand.

Justru Indonesia kembali dikejutkan dengan tendangan Apiwat Chaemcharoen di menit 12 yang gagal diantisipasi kiper Indonesia Muhammad Nazil hingga membuat skor menjadi 2-0 untuk Thailand.

Indonesia sebenarnya berulang kali mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan seperti menit 17 dan 19 namun terus gagal mengeksekusinya. Skor 2-0 untuk Thailand pun tak berubah hingga turun minum.

Pada babak kedua, Indonesia baru berhasil mengejar ketertinggalan. Lewat Andri Kustiawan, kedudukan mulai skor mulai menipis menjadi 1-2 pada menit ke-22. Menjelang akhir laga babak kedua, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui eksekusi penalti Subhan.

Namun di babak tambahan malapetaka terjadi. Di babak tambahan 5 menit pertama kedudukan masih imbang 2-2. Kemudian di babak tambahan kedua Thailand berhasil menambah keunggulan menjadi 3-2 lewat gol pamungkas Muhammad Osamanmusa. Thailand pun lolos ke final Piala AFF Futsal 2018 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper