Hasil Piala AFF 2018 Futsal: Indonesia Bantai Myanmar 5-1

Timnas Futsal Indonesia mencukur Timnas Myanmar dengan skor telak 5-1 dalam laga perdana Grup A Piala AFF 2018 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (5/11/2018) sore.
Newswire | 05 November 2018 17:32 WIB
Pertandingan Futsal Piala AFF 2018 - Aseanfootball

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Futsal Indonesia mencukur Timnas Myanmar dengan skor telak 5-1 dalam laga perdana Grup A Piala AFF 2018 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (5/11/2018) sore.

Gol Indonesia disumbangkan Bayu Saptaji (menit 4 dan 18), Andri Kustiawan (menit 13 dan  23), dan Marvin Alexa (menit 17). Atas kemenangan itu Indonesia pun berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi 3 poin atau hanya kalah selisih gol dari Malaysia yang sebelumnya mengalahkan Kamboja 10-0.

“Saya bahagia dengan kemenangan ini. Semua pemain benar-benar telah memaksimalkan kemampuannya. Mereka terus fokus hingga menguasai pertandingan dengan baik,” ujar Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, seusai laga.

Melawan Myanmar ini, Kensuke menurunkan skuad terbaiknya yaitu kapten tim Sunny Rizky Suhendra, Iqbal Iskandar, Andri Kustiawan, Bambang Bayu Saptaji, serta penjaga gawang Nazil Purnama.

Pelatih Myanmar, Htay Myint, mengakui keunggulan Indonesia dalam laga ini. Menurutnya, kekuatan Timnas Futsal Indonesia benar-benar di luar prediksi mereka. “Pemain kami sudah bermain sangat bagus, tapi Indonesai ternyata lebih bagus, kami akui itu,” ujarnya.

Htay pun mengaku dua gol pertama yangtercipta untuk Indonesia adalahkesalahan anak asuhnya karena melupakan lini bertahan. “Kami terlalu bermain ke atas (menyerang) sehingga melupakan pertahanan,”  ujarnya.

Dalam laga itu timnas tampil sangat mendominasi hingga membuat Myanmar kelabakan dari babak pertama hingga akhir pertandingan.  Pemain timnas Indonesia, Bambang Bayu Saptaji, berhasil membuat Indonesia unggul terlebih dulu di menit ke 4 melalui sepakan keras mendatar yang mengagetkan skuat Myanmar.

Unggul 1-0 makin membuat Indonesia beringas. Namun karena terus menekan Myanmar,  skuad Indonesia lengah untuk bertahan dan Myanmar memanfaatkan lini kosong belakang untuk membalas. Adalah Hlaing Min Tun yang pada menit 9 membobol gawang Indonesia sehingga kedudukan menjadi imbang 1-1.

Tersusul Myanmar, Indonesia kembali menekan sembari menguatkan lini belakang. Upaya membobol kembali pertahanan Myanmar yang begitu rapat itu berhasil ketika pada menit 13 Indonesia mencetak gol kedua melalui sontekan Andri Kustiawan yang memanfaatkan umpan tarik rekannya Iqbal Rahmatullah. Skor menjadi 2-1 untuk Indonesia.

Tak sampai lima menit usai gol kedua tercipta, kebahagiaan pendukung Timnas Indonesia di GOR UNY kembali bergemuruh ketika gol ketiga Indonesia berhasil dicetak Marvin Alexa yang mengelabui penjaga gawang Myanmar Kyau Htet Aung.

Myanmar semakin tak fokus. Terbukti ketika mereka mulai melupakan lini pertahanan sehingga mudah ditembus Indonesia ketika mereka usai melayangkan serangan yang terus gagal. Pada menit 18,  Bambang Bayu Saptaji menambah gol keempat untuk Indonesia setelah memanfaatkan serangan balik cepat. Babak pertama pun berakhir dan Indonesia unggul 4-1.

Memasuki babak kedua, Indonesia tampil lebih tenang dengan menerapkan pola bertahan. Sedangkan Myanmar berusaha terus menekan demi mengejar ketinggalan.

Namun Indonesia juga tak hanya diam. Pada menit 23 pemain Andri Kustiawan kembali melesakkan gol kelima lewat sepak pojok setelah bekerjasama menggiring bola mendekati zona rawan Myanmar dengan dua rekannya Sunny dan Iqbal. Skor pun menjadi 5-1 untuk Indonesia hingga babak kedua berakhir.

Sumber : Tempo

Tag : timnas indonesia
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top