FIFA Tolak Rencana Liga Spanyol Gelar Pertandingan di AS

Rencana La Liga untuk menjadi tuan rumah pertandingan liga domestik Girona versus Barcelona di AS pada Januari 2019 mendapat batu sandungan setelah badan sepakbola dunia FIFA menentang gagasan itu.
Rayful Mudassir | 27 Oktober 2018 07:40 WIB
Presiden La Liga Javier Tebas berpose dalam sebuah wawancara di markas La Liga di Madrid, Spanyol, Selasa (2/10). - Reuters/Paul Hanna

Bisnis.com, JAKARTA -- Rencana La Liga untuk menjadi tuan rumah pertandingan liga domestik Girona versus Barcelona di AS pada Januari 2019 mendapat batu sandungan setelah badan sepakbola dunia FIFA menentang gagasan itu.

Liga Spanyol memunculkan sebuah kontroversi ketika menandatangani kontrak 15 tahun dengan Relevent Sports pada Agustus 2018 untuk memperluas kehadirannya di AS, termasuk melakukan satu pertandingan musim reguler di AS.

Federasi sepak bola Spanyol dan Presiden FIFA Gianni Infantino menolak gagasan itu. Infantino mengatakan pertandingan liga harus dimainkan di wilayah liga tersebut.

“Dewan FIFA menekankan prinsip olahraga bahwa liga pertandingan resmi harus dimainkan di dalam wilayah masing-masing anggota asosiasi. Jadi dewan memiliki pandangan yang jelas tentang itu," tegasnya usai pertemuan Dewan FIFA di Rwanda, seperti dilansir Bloomberg, Jumat (26/10/2018).

Keputusan itu merupakan pukulan untuk Presiden La Liga Javier Tebas, yang bulan lalu menyampaikan dirinya 90% yakin pertandingan akan berlangsung di AS.

La Liga diperkirakan akan mengajukan banding jika rencana itu tetap ditentang.

"Jika kami menerima pemberitahuan resmi dari FIFA bahwa mereka melarang pertandingan, kami akan membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (Court of Arbitration for Sport/CAS) dengan segera," demikian disampaikan La Liga.

Tag : fifa, la liga
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top