Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bento Madubun Adukan Wasit yang Memimpin Pertandingan Persipura Vs Persija

Bento Madubun Adukan Wasit yang Memimpin Pertandingan Persipura Vs Persija
Tim Persipura/Liga Indonesia
Tim Persipura/Liga Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Wasit Dwi Purba asal Jawa Tengah yang memimpin laga antara tuan rumah Persipura Jayapura menjamu Persija Jakarta di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, pada Kamis (25/10) sore akan diadukan ke PSSI dan Komisi Wasit karena dinilai tidak sportif.

Asisten Manajer Persipura Jayapura Bento Madubun di Kota Jayapura, Jumat mengatakan ada sejumlah keputusan wasit Dwi Purba yang terjadi di lapangan yang seharusnya bisa menguntungkan tim tuan rumah tetapi tidak di lakukan.

"Persipura sudah lama dan banyak melaksanakan serta mengikuti berbagai pertandingan, kami mengerti yang mana upaya memperlambat laga, beberapa kali tendangan pojok yang diperlambat, ini upaya menghabiskan waktu dan merugikan tim," katanya.

Selain itu, kata dia, ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Persija di kotak pinalti tetapi tidak dinilai sebagai pelanggaran, yang seharusnya menguntungkan tim Persipura Jayapura.

"Terjadi benturun dua kali yang menurut kami punya potensi untuk penalti, yang pertama ketika Priska Womsiwor diambil didalam kotak penalti, yang kedua ketika Ronaldo ditabrak dari belakang oleh kiper Persija, jujur saja kondisi seperti ini tidak ada penalti, sangat disayangkan," katanya.

Menurut dia, jika wasit Dwi Purba lebih jeli dalam melihat sejumlah insiden atau benturan di lapangan maka hal itu tidak akan merugikan tim dan terutama menciderai jalannya laga yang berlangsung sangat baik. Ini juga memicu penonton bertindak tidak sopan.

"Kita pasti melaporkan ini ke PSSI yang nanti diteruskan ke Komisi Wasit. Memang wasit ini yang pernah memimpin laga saat Persipura menang besar atas Madura United di Mandala tetapi situasi yang terjadi berbeda kali ini. Ini bukan karena kami kalah, tapi ingat saat kita juga menuai kekalahan dari Bhayangkara pada putaran pertama, kami tidak protes, karena wasitnya bagus," katanya.

Adik kandung dari Ritham Madubun legenda Persipura Jayapura itu juga mengungkapkan bahwa bukan saja soal kepemimpinan wasit Dwi Purba yang akan dipersoalkan, tetapi soal pembagian jadwal pertandingan yang dinilai menguntungkan salah satu tim.

"Kami menyayangkan situasi ini, artinya ok-lah dari pengunduran jadwal ini kami lihat ada yang diuntungkan. Jelasnya begini, sementara Persipura berlaga di luar kandang, ada tim yang nantinya kita lawan sedang istirahat, begitu kita lelah dan datang dengan waktu empat hari istirahat, dan tim mereka (Persija,red) mempunyai waktu istirahat jauh lebih panjang 10 hari, apakah ini disebut fair, sulit kan?" katanya . Hal ini, lanjut dia, sudah pernah manajemen Persipura Jayapura meminta kepada operator liga dengan format dua laga kandang dan dua laga tandang, tetapi hal ini tidak diindahkan.

"Katanya usulan itu tidak fair, tapi pada akhirnya Persipura mengalami hal tidak fair, lucukan?. Sementara soal penonton yang terlihat mencomooh pada laga Persipura vs Persija dengan skor akhir 1-2, itu karena ulah wasit yang memimpin tidak berimbang, keputusan yang berat sebelah inilah yang memicu penonton bertindak tidak sopan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper