Jepang Sikat Uruguay, Korsel Imbang vs Panama

Jepang dan Korea Selatan membuktikan bahwa mereka bukan sekadar merupakan kekuatan sepak bola Asia, tetapi sudah berada di level papan atas dunia.
M. Syahran W. Lubis | 16 Oktober 2018 21:21 WIB
Para pemain Timnas Jepang merayakan gol pertama ke gawang Uruguay. - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – Jepang dan Korea Selatan membuktikan bahwa mereka bukan sekadar merupakan kekuatan sepak bola Asia, tetapi sudah berada di level papan atas dunia.

Dalam laga uji coba pada Selasa (16/10/2018) malam, Jepang mengatasi juara dunia dua kali Uruguay, yang tampil tanpa ujung tombak Luis Suarez, dengan skor tipis 4 – 3.

Bertindak sebagai tuan rumah di Saitama, Jepang membuka keunggulan pada menit ke-10 lewat Takumi Minamino, tapi Uruguay menyamakan skor pada menit ke-28 lewat Gaston Pereiro.

Jepang unggul 2 – 1 ketika turun minum setalah Yuya Osako menjebol gawang Uruguay yang dikawal kiper Fernando Muslera pada menit ke-36.

Memasuki babak kedua, berjalan 12 menit, Uruguay kembali bisa menyamakan kedudukan, kali ini melalui bomber Paris Saint-Germain Edinson Cavani.

Namun, hanya 2 menit berikutnya, Jepang memulihkan keunggulan menjadi 3 – 2 berkat gol Ritsu Doan. Bahkan pada menit ke-66 Minamino kembali menjaringkan gol sehingga skor 4 – 2.

Uruguay, juara Piala Dunia 1930 dan 1950 serta terakhir lolos ke 8 besar Piala Dunia 2018, hanya bisa menambah sebiji gol melalui Jonathan Rodriguez saat laga bersisa 15 menit.

Ini hasil hebat kedua yang diraih Jepang setelah pada pertandingan pekan lalu merontokkan Panama dengan skor telak tiga gol tanpa balas.

Jepang lolos ke babak 16 besar di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni – Juli lalu, sedangkan Panama ketika itu kandas di fase grup.

Sementara itu, dalam laga lain pada Selasa ini, Korea Selatan, yang di Piala Dunia lalu menghantam Jerman 2 – 0, bermain imbang 2 – 2 ketika menjamu Panama di Cheonan.

Korsel sempat unggul dua gol lewat Park Joo-ho pada menit ke-6 dan Hwang In-beom (33’), tapi Panama berhasil membalas melalui kontribusi Andiel Arroyo (45’) dan Rolando Blackburn.

Dalam pertandingan uji coba pekan lalu di Seoul, Korsel berhasil menaklukkan Uruguay dengan skor tipis 2 – 1.

Sumber : Reuters

Tag : timnas uruguay, timnas jepang
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top