Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permalukan Spanyol, Southgate Puji Kematangan dan Keberanian Inggris

Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, memuji penampilan anak asuhnya setelah mampu secara mengejutkan mempermalukan Spanyol 3-2 dalam lanjutan ajang UEFA Nations League, Senin (15/10/2018) waktu setempat.
Pelatih Inggris, Gareth Southgate/Reuters
Pelatih Inggris, Gareth Southgate/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, memuji penampilan anak asuhnya setelah mampu secara mengejutkan mempermalukan Spanyol 3-2 dalam lanjutan ajang UEFA Nations League, Senin (15/10/2018) waktu setempat.

Southgate menilai penampilan Harry Kane dan kawan-kawannya sangat matang dan berani, sehingga mampu mengalahkan Jauara Piala Dunia 2010 tersebut di kandang sendiri.

Dalam laga yang dihelat di Sevilla dini hari tadi, Inggris langsung memimpin pertandingan dengan menghasilkan 3 gol pada babak pertama. Raheem Sterling mencetak dua gol, sedangjan sebiji gol lainnya disarangkan Marcus Rashford.

Spanyol hanya mampu membalas dua gol setelah istirahat. Inggris pun menjadi tim pertama yang mengalahkan Spanyol dalam pertandingan kompetitif di kandang sejak 2003.

"Mereka seharusnya sangat bangga dengan penampilan mereka," ujar Southgate seperti dikutip dari Sky Sport News, Selasa (16/10/2018).

Southgate mengatakan sebelum pertandingan sudah mengingatkan para pemain terkait ancaman yang akan dihadapi kala menghadapi tim 'matador'. Dalam pertandingan semalam, jelasnya, para pemain depan mampu membuat barisan pertahanan Spanyol kewalahan.

Para pemain 'Three Lions' pun dinilai memberikan dukungan yang berarti dalam permainan semalam. Apalagi, dia mengatakan bahwa para pemain yang masuk line-up Inggris rerata masih berusia muda.

"Untuk tim yang sangat muda saya pikir itu adalah kinerja yang sangat matang. Kami bertahan dengan tekanan yang cukup baik dan mereka semua harus sangat bangga dari apa yang telah mereka lakukan."

Secara statistik, Inggris sebenarnya kalah dalam hal penguasaan bola dengan menghadilkan 5 tembakan ke gawang. Namun, Southgate mengatakan timnya akan kesulitan bila selama 90 menit bermain menyerang.

Timnya mengandalkan serangan balik melalui kecepatan para pemain depannya.

"Kami berbicara tentang ancaman yang dimiliki tiga pemain depan kami. Mereka harus percaya dalam diri mereka sendiri, dan pemain lain juga harus memberikan bola untuk mereka," tegasnya.

Setelah kalah dari Spanyol di Wembley dan bermain imbanf dengan Kroasia pada Jumat pekan lalu, Inggris sebenarnya terancam degradasi dari UEFA Nations League, Grup A4.

Namun, kemenangan atas Spanyol dan satu pertandingan tersisa melawan Kroasia, Inggris masih bisa menjadi jawara grup dan lolos ke Final Four musim panas mendatang.

"Saya senang dengan apa yang telah kami lakukan dan sekarang kami harus terus membangun apa yang telah kami lakukan selama beberapa bulan terakhir," tambah Southgate.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper