Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tayfun Korkut Pelatih Pertama Dipecat di Bundesliga Musim Ini

Klub Bundesliga Stuttgart memecat Tayfun Korkut, menjadikannya sebagai pelatih pertama yang dibuang kontestan kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Jerman itu pada musim ini.
Tayfun Korkut/Reuters-Kai Pfaffenbach
Tayfun Korkut/Reuters-Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA – Klub Bundesliga Stuttgart memecat Tayfun Korkut pada Minggu (7/10/2018), menjadikannya sebagai pelatih pertama yang dibuang kontestan kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Jerman itu pada musim ini.

Tayfun, 44 tahun, dipecat tim kota kelahirannya itu setelah Stuttgart setelah mereka menelan kekalahan 1 – 3 melawan tuan rumah Hannover 96.

Kekalahan dalam pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (6/10/2018) malam WIB tersebut menempatkan Stuttgart di dasar klasemen dengan hanya mengoleksi 5 poin dari tujuh pertandingan.

Lebih menyakitkan lagi, kekalahan itu sebaliknya menjadi kemenangan pertama bagi Hannover 96 pada musim ini dan diraih setelah rival head to head di zona degradasi menelan empat kekalahan secara beruntun di empat laga liga sebelumnya setelah di dua laga awal Hannover hanya seri.

Bagi Stuttgart, kekalahan dari Hannover itu juga memupus asa untuk bangkit lantaran pada pertandingan pekan keenam mereka sebenarnya baru memetik kemenangan perdana atas tim papan atas Werder Bremen dengan skor 2 – 1.

Tayfun, yang kemudian memilih memperkuat tim nasional negara asal orang tuanya, Turki, dengan memiliki 42 caps dan satu gol sebagai gelandang, mengambil alih kursi pelatih Stuttgart pada Januari tahun ini ketika tim itu berjuang menghindari degradasi.

Dia kemudian sukses membawa Stuttgart menghindari degradasi ke 2.Bundesliga dengan finis di peringkat ketujuh Bundesliga musim 2017 – 2018 sehingga mendapatkan perpanjangan kontrak hingga Juni 2020.

Namun, dengan hasil buruk pada awal musim ini yang hanya mampu satu kali menang, pada akhirnya mengubah jalan pikiran para pemimpin klub dan memecat Tayfun.

“Ketiadaan kemajuan pada musim ini dan dengan hasil negatif membuat kami mengambil langkah ini [memecat Tayfun],” demikian pernyataan Direktur Sport Stuttgart, Michael Reschke.

"Tayfun Korkut mengambil alih klub ini dalam situasi yang sangat sulit dan secara luar biasa mengamankan klub di Bundesliga. Kami sangat berterima kasih kepadanya berikut dua asistennya,” lanjut Reschke.

Stuttgart menunjuk pelatih tim kedua Andreas Hinkel untuk sementara menukangi tim hingga pelatih baru ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper