Hasil Liga Spanyol: 2 Gol Penalti Bikin Bilbao Kalah di Derby Basque

Athletic Bilbao menelan kekalahan kedua di ajang Divisi Primer La Liga Spanyol musim 2018 – 2019, dan kembali terjadi di kandang sendiri, kali ini dalam derby Basque melawan Real Sociedad dengan skor 1 – 3.
M. Syahran W. Lubis | 06 Oktober 2018 10:33 WIB
Gelandang serang Luca Sangalli setelah mencetak gol kedua Real Sociedad ke gawang Athletic Bilbao. - Mundo Deportivo

Bisnis.com, JAKARTA – Athletic Bilbao menelan kekalahan kedua di ajang Divisi Primer La Liga Spanyol musim 2018 – 2019, dan kembali terjadi di kandang sendiri, kali ini dalam derby Basque melawan Real Sociedad dengan skor 1 – 3.

Kekalahan pertama didapatkan pasukan asuhan pelatih asal Argentina Eduardo Berizzo itu pada akhir bulan lalu dalam pertandingan pekan keenam juga di kandang sendiri, Stadion San Mames Barria, di Bilbao, dari Villarreal dengan skor telak 0 – 3.

Dalam pertandingan pembuka pekan kedelapan Divisi Primer La Liga yang berlangsung pada Sabtu (6/10/2018) pagi WIB, dua dari tiga gol tim tamu dilesakkan dari titik penalti yang dieksekusi Mikel Oyarzabal.

Oyarzabal membuka keunggulan pada menit ke-30 dari titik putih setelah Inigo Martinez, bek Bilbao yang baru pindah dari Sociedad pada Januari tahun ini, menendang gelandang serang Sociedad Luca Sangalli Fuentes di area kotak terlarang.

Namun, tuan rumah hanya memerlukan waktu 2 menit untuk memasok gol balasan melalui Iker Minuain dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti memanfaatkan kemelut di depan gawang tim tamu. Skor imbang 1 – 1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, baru berjalan 2 menit, Real Sociedad memulihkan keunggulan menjadi 1 – 2 melalui kontribusi gol Luca Sangalli yang memaksimalkan umpan silang Igor Zubeldia.

Eksekusi penalti kembali oleh Oyarzabal pada menit ke-74 memastikan hasil pertemuan dua tim yang bermarkas di wilayah berbahasa Prancis ini menjadi milik tim tamu dengan skor 1 – 3.

Penalti kedua kalinya ini diberikan wasit Alejandro Hernandez setelah lagi-lagi Sangalli dijatuhkan di kotak penalti Bilbao, kali ini oleh penjaga gawang Unai Simon.

Bilbao baru dua kali kalah sepanjang La Liga musim ini, tetapi di sisi lain hanya bisa satu kali memetik kemenangan yakni atas tim lemah Leganes, yang kini berada di dasar klasemen sementara, pada pekan pertama dengan skor tipis 2 – 1.

Akibat kinerja yang lebih didominasi hasil imbang itu, yakni empat kali, Bilbao kini menempati peringkat ke-16 dari 20 kontestan dengan koleksi 7 angka atau hanya 2 poin dari batas atas zona merah degradasi.

Bilbao mempunyai satu laga tunda yakni pekan ketiga melawan tuan rumah Rayo Vallecano yang sedianya digeber pada pekan pertama bulan lalu, tetapi diputuskan untuk ditunda karena Stadion Del Rayo Vallecano di Madrid tengah direnovasi.

Sementara itu, bagi Real Sociedad, kemenangan ini mengangkat tim asuhan Asier Garitano ke peringkat kedelapan dengan koleksi 11 angka.

Hasil dan jadwal lengkap pertandingan pekan kedelapan (dalam WIB):

Sabtu, 6 Oktober:

Athletic Bilbao 1 vs Real Sociedad 3

18:00   Girona vs Eibar

21:15   Getafe vs Levante

23:30   Deportivo Alaves vs Real Madrid

Minggu, 7 Oktober:

01:45   Leganes vs Rayo Vallecano

17:00   Real Valladolid vs Huesca

21:15   Atletico Madrid vs Real Betis

23:30   Espanyol vs Villarreal

23:30   Sevilla vs Celta Vigo

Senin, 8 Oktober:

01:45   Valencia vs Barcelona.

Sumber : Reuters & Mundo Deportivo

Tag : liga spanyol
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top