Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Igor Akinfeev Akhirnya Pensiun dari Timnas Rusia

Igor Akinfeev Akhirnya Pensiun dari Timnas Rusia
Kiper tim nasional Rusia  Igor Akinfeev/Reuters
Kiper tim nasional Rusia Igor Akinfeev/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Penjaga gawang Rusia Igor Akinfeev pensiun dari sepak bola internasional setelah memimpin tim nasional sebagai kapten ke perempat final Piala Dunia 2018 di kandang sendiri.

Penyelamatan akrobatik pemain CSKA Moscow berusia 32 tahun itu membuat orang banyak terpukau dan membantu Rusia menyelesaikan turnamen terbaik mereka sejak runtuhnya Uni Soviet.

"Ada permulaan dan penghentian setiap cerita," kata Akinfeev seperti dikutip situs CSKA. "Kisah saya dengan tim nasional juga telah mencapai akhir yang logis."

Akinfeev meraih 112 caps untuk negaranya sejak debutnya pada 2004 saat berusia 18 tahun, menurut Football Union Rusia. Puncak karier internasionalnya di Piala Dunia tahun ini yang diselenggarakan oleh Rusia.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk memimpin tim Rusia sebagai kapten di Piala Dunia," atanya. "Sejujurnya aku tidak pernah memimpikannya. Tapi itu terjadi dan mungkin adalah puncak karierku bersama tim nasional."

Akinfeev memainkan peran kunci dalam membantu timnya mencapai perempat final, di mana mereka kalah 4-3 dari Kroasia dalam adu penalti.

Dia menyelamatkan dua tendangan penalti, termasuk satu dengan kaki kirinya, untuk membantu Rusia menyingkirkan juara dunia 2010 Spanyol di babak 16 besar.

Setelah pertandingan, grafiti penjaga gawang muncul di seluruh negeri dan tendangannya menjadi simbol keberhasilan Rusia yang tak terduga di turnamen.

"Kami tidak memenangkan medali di Piala Dunia, tetapi semua orang melakukan apa yang mereka bisa," kata Akinfeev. "Yang paling penting adalah tidak ada yang acuh tak acuh di antara kita."

Akinfeev mengaku pergi dengan ketenangan pikiran. "Generasi yang sangat baik dan menjanjikan telah muncul di Rusia. Beberapa orang sudah mengungkapkan diri mereka untuk menjadi pemimpin nyata di Piala Dunia ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper