Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesuksesan Timnas U-16 ke 8 Besar Piala Asia untuk Pesepak Bola Muda

Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini mengingkatkan kepada semua pihak bahwa apa yang dicapai timnya sampai saat ini semata untuk mengembangkan potensi pesepak bola muda, bukan tentang mengangkat harkat-martabat sepak bola Indonesia.
Timnas Indonesia U-16/PSSI.org
Timnas Indonesia U-16/PSSI.org

Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini mengingkatkan kepada semua pihak bahwa apa yang dicapai timnya sampai saat ini semata untuk mengembangkan potensi pesepak bola muda, bukan tentang mengangkat harkat-martabat sepak bola Indonesia.

"Itu pandangan yang keliru. Timnas U-16 ini soal pengembangan pemain muda," ujar Fakhri di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018) malam.

Pelatih asal Aceh itu melanjutkan, tolak ukur prestasi Timans U-16 bukan tentang berapa banyak gelar juara yang diperoleh, melainkan berapa banyak pemain U-16 yang dapat menembus timnas kelompok umur di atasnya.

Meski demikian, Fakhri memaklumi jika harapan masyarakat Indonesia terhadap skuatnya telanjur tinggi, terutama setelah mereka menjuarai Piala U-16 AFF (Asean Football Federation) 2018.

"Namun saya ingatkan, merupakan hal yang terbalik kalau beban tim nasional Indonesia diserahkan sepenuhnya kepada U-16," tuturnya.

Memang, dibandingkan dengan seniornya, prestasi timnas U-16 Indonesia jauh lebih mentereng sejak dibentuk pada 2017.

Selain merengkuh juara di Piala U-16 AFF 2018 yang menjadi gelar pertama Indonesia sepanjang sejarah turnamen itu, Timnas U-16 juga dinobatkan sebagai kampiun Piala U-16 Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam dan turnamen sepak bola remaja U-16 Jenesys Jepang-Asean 2018.

Selain juga menjadi yang terbaik kualifikasi Piala U-16 Asia 2018 yakni memimpin Grup G dengan empat kemenangan dari empat pertandingan termasuk men galahkan tuan rumah Thailand 1 – 0 di Bangkok.

Terkini, timnas berjuluk Garuda Asia ini menorehkan catatan apik anyar yaitu pertama kalinya lolos dari babak grup Piala U-16 Asia tahun 2018 setelah terakhir kali itu dilakukan pada 1990 atau 28 tahun silam.

Kepastian melajunya Indonesia ke perempatfinal Piala U-16 Asia 2018 didapatkan usai bermain imbang 0-0 dengan India di laga terakhir Grup C.

Indonesia maju 8 besar Piala U-16 Asia 2018 sebagai juara Grup C setelah mengoleksi 5 poin dari tiga pertandingan.

India juga lolos ke delapan besar sebagai peringkat kedua Grup C setelah sama-sama mengoleksi lima poin dari tiga laga, tetapi kalah selisih gol dari Indonesia.

Di perempat final, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper