Prediksi Inggris Vs Spanyol: Enrique Pasang Kepa?

Prediksi Inggris Vs Spanyol: Enrique Pasang Kepa?
Newswire | 04 September 2018 20:34 WIB
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga - Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA - Penjaga gawang Kepa Arrizabalaga dianggap siap menantang David De Gea untuk menjadi kiper nomor satu Timnas Spanyol di ajang UEFA Nations League. Pelatih Luis Enrique menjadikan Kepa sebagai penjaga gawang nomor dua setelah memutuskan tak memanggil Pepe Reina.

Media Spanyol AS menganggap Kepa layak diberikan kesempatan lebih oleh Enrique. Selain karena dia berstatus sebagai penjaga gawang termahal di dunia, Kepa juga dinilai memiliki performa yang lebih baik ketimbang De Gea.

Secara statistik, Kepa yang bermain di Chelsea musim ini memang memiliki catatan yang lebih baik ketimbang De Gea. Dia baru kebobolan 3 gol dari 4 laga sejauh ini sementara De Gea telah kebobolan 7 kali. Selain itu, performa De Gea di Piala Dunia 2018 juga sempat mendapatkan kritikan.

Kepa terakhir kali membela timnas Spanyol pada November tahun lalu saat laga uji coba kontra Kosta Rika. Dia pun terpilih dalam skuat Spanyol yang beraksi di Piala Dunia 2018 Rusia meski tak bermain.

Meskipun mendapatkan banyak dukungan untuk menggeser posisi De Gea, Kepa menegaskan bahwa hal itu merupakan keputusan Luis Enrique. Dia menyatakan bahwa dirinya hanya bisa berusaha untuk menunjukan penampilan terbaik saat latihan demi meraih posisi tersebut.

"Berada di skuat sudah menjadi alasan untuk gembira. Kami semua ingin berada di sini dan kami semua ingin bermain, saya akan mengusahakan itu," jelas Kepa dalam wawancara dengan AS. "Kami akan bertemu dengan staf pelatih di beberapa hari awal dan mulai berlatih, karena kami punya dua laga besar yang sudah menanti."

"Itu (Menjadi penjaga gawang utama) adalah pertanyaan untuk pelatih. Yang akan saya lakukan adalah bekerja keras meskipun sudah jelas kami semua ingin bermain. Semua pemain bekerja keras untuk berkompetisi dan bermain. Pelatih memutuskan dan kami berharap apa pun keputusannya akan selalu menciptakan harmoni dalam tim."

Kepa pun memuji De Gea meskipun penampilannya di Timnas Spanyol kerap menuai kritikan. Dia mengaku tak terlalu mempedulikan kritikan orang dan hanya fokus pada performanya sendiri.

"De Gea adalah kiper hebat dan gawang terlindungi sempurna dengan dia. Piala Dunia sudah terjadi, kami kembali lebih cepat, tetapi saya tak memperhatikan perkataan orang-orang. Saya mencoba fokus pada diri sendiri."

Kepa menjadi penjaga gawang termahal di dunia setelah Chelsea menebus klausa pemutusan kontraknya dengan Athletic Bilbao Agustus lalu. Chelsea harus membayar 80 juta euro untuk memboyong Kepa setelah mereka kesulitan mempertahankan Thibaut Courtois yang ngotot hengkang ke Real Madrid.

Soal predikat sebagai penjaga gawang termahal di dunia, Kepa menganggap hal itu sebagai hal yang biasa. Menurut dia, Chelsea harus membayar mahal untuk memboyong dirinya karena kondisi bursa transfer yang memang terus memanas dalam beberapa tahun terakhir.

"Harga itu karena bursa pasar seperti itu saat ini. Harga yang semakin mahal dan saya melihat itu karena konsekuensi dari pasar," ujarnya.

"Saya sudah mulai terbiasa dengan kehidupan baru saya, kota baru, tim baru. Semuanya menjadi positif karena ketika semuanya berjalan lancar di lapangan maka semuanya akan menjadi lebih mudah," lanjutnya.

Spanyol sendiri akan menjalani laga pertamanya di ajang UEFA Nations League pada Ahad mendatang. Mereka akan menantang Inggris.

Sumber : Tempo

Tag : timnas inggris, timnas spanyol
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top