Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UEFA Nations League, Sejarah Baru Sepak Bola Eropa, Segera Bergulir

UEFA segera menggulirkan Nations League (Liga Negara-negara), kompetisi selama setahun penuh yang mempertandingan antartim nasional anggota organisasi tersebut.
UEFA Nations League/uefa.com
UEFA Nations League/uefa.com

Bisnis.com, JAKARTA – Union of European Football Associations (UEFA) segera menggulirkan Nations League (Liga Bangsa-bangsa), kompetisi selama setahun penuh yang mempertandingan antartim nasional anggota organisasi tersebut.

Perhelatan ini serupa dengan kompetisi reguler domestik negara-negara Eropa seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, Ligue 1 Prancis, dan Bundesliga Jerman, bedanya, jika kompetisi tersebut mengadu antarklub, Nations League antarnegara.

Oleh karena mirip seperti kompetisi reguler domestik, maka Nations League juga menerapkan sistem promosi dan degradasi di setiap ujung kompetisi. Untuk Nations League 2018 – 2019 akan berakhir pada pertengahan tahun depan.

Nations League akan dibagi menjadi empat divisi yakni League A, B, C, dan League D. UEFA menetapkan pembagian itu berdasarkan peringkat FIFA (Federation Internationale de Football Association).

League A dan B masing-masing terdiri atas 12 timnas. Berikutnya League C dihuni 15 timnas, dan League D 16 tim. Tim-tim terbawah di setiap League degradasi dan sebaliknya tim-tim teratas akan promosi, persis sebagaimana berlaku di kompetisi reguler domestik.

Untuk League A, pesertanya dibagi menjadi empat grup. Grup 1 diisi Jerman, Prancis, Belanda. Grup 2 Belgia, Swiss, Islandia. Grup 3 Portugal Italia, Polandia, serta Grup 4 Spanyol, Inggris, dan Kroasia.

Empat tim juara setiap grup lolos ke Nations League Finals, yang sekaligus merupakan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020, sedangkan empat tim penghuni dasar klasemen degradasi ke League B. Hal serupa diberlakukan terhadap League B, C, dan D.

Jadwal lengkap pertandingan fase grup League A sila klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper