Pemain Veteran Kolombia Aguilar Merantau Lagi, Kini ke Amerika Serikat

Klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat FC Dallas memboyong gelandang bertahan veteran Timnas Kolombia Abel Aguilar dari klub negaranya, Deportivo Cali.
M. Syahran W. Lubis | 29 Agustus 2018 07:49 WIB
Abel Aguilar bergabung dengan FC Dallas. - Twitter@abelaguilart

Bisnis.com, JAKARTA – Klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat FC Dallas memboyong gelandang bertahan veteran Timnas Kolombia Abel Aguilar dari klub negaranya, Deportivo Cali.

Aguilar, 33 tahun, akan menempati slot internasional di daftar tunggu sambil menunggu penerimaan P1 visa dan sertifikat transfer internasionalnya.

Dia memiliki 70 caps bersama Timnas Kolombia dan mewakili negaranya di putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Abel Enrique Aguilar Tapias, demikian nama lengkapnya, telah bermain dalam 195 pertandingan di kompetisi level teratas di berbagai negara dan selama tiga musim terakhir membela Deportivo Cali, bermain dalam 62 pertandingan dan ikuit mengontribhusi dua gol.

Deportivo Cali juga merupakan klub pertamanya saat mulai menjalani karier sebagai pesepak bola profesional pada 2002.

Berselang 3 tahun kemudian dia merantau ke Italia untuk memperkuat kontestan Serie A Udinese. Namun di klub tersebut, kariernya tak berlangsung mulus dan lebih banyak dipinjamkan ke klub-klub lain yakni Ascoli (Italia), Xerez, Hercules, dan Real Zaragoza (Spanyol).

Hercules akhirnya mengangkutnya secara permanen pada 2010. Setelah pada musim 2012 – 2013 dipinjamkan ke Deportivo La Coruna, Aguilar memilih hengkang ke klub Ligue 1 Prancis Toulouse hingga awal 2016.

Dia sempat merumput bersama klub Portugal Belenenses, tetapi hanya berselang 6 bulan dia pulang ke negaranya bermain untuk Deportivo Cali. Kini dia merantau lagi untuk merumput di Dallas.

Aguilar menjadi bagian dari Timnas Kolombia yang mencatat sejarah dengan mencapai babak perempat final di putaran final Piala Dunia 4 tahun lalu. Itu adalah pencapaian tertinggi Kolombia di Piala Dunia sepanjang sejarah.

Sumber : Reuters

Tag : timnas kolombia, mls
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top