Menang Adu Penalti Lagi, UEA ke Semifinal. Vietnam Juga Lolos

Setelah mengalahkan Indonesia lewat adu penalti di 16 besar cabang sepak bola putra Asian Games 2018, Uni Emirat Arab (UEA) kembali hanya bisa menang adu penalti atas Korea Utara, runner up Asian Games 4 tahun lalu, di babak perempat final.
M. Syahran W. Lubis | 27 Agustus 2018 22:51 WIB
Pemain Vietnam Nguyen van Toan selepas mencetak gol penentu kemenangan timnya atas Suriah pada Senin (27/8/2018) malam. Vietnam menjadi satu-satunya negara yang lolos ke semifinal cabang sepak bola putra Asian Games 2018. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah mengalahkan Indonesia lewat adu penalti di 16 besar cabang sepak bola putra Asian Games 2018, Uni Emirat Arab (UEA) kembali hanya bisa menang adu penalti atas Korea Utara, runner up Asian Games 4 tahun lalu, di babak perempat final.

Dengan demikian UEA akan berhadapan dengan Jepang di semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/8/2018) malam di Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertandingan perempat final pada Senin (27/8/2018) malam di Stadion Pakansari, permainan selama 120 menit antara UEA dan Korut berakhir imbang 1 – 1.

Kim Yu-song lebih dahulu membawa Korut unggul pada menit ke-63, tetapi UEA bisa menyamakan skor 4 menit kemudian melalui Ali Al-Yahyaee. Skor 1 – 1 bertahan hingga waktu reguler 90 menit usai, bahkan tak berubah setelah perpanjangan waktu 2 x 15 menit digelar.

Oleh karena itu, pemenang untuk lolos ke semifinal ditentukan melalui adu penalti dan UEA menang 5 – 3.

Di laga lain, Vietnam meneruskan kehebatannya dan menjadi satu-satunya wakil negara Asia Tenggara yang menerobos semifinal setelah menang 1 – 0 atas Suriah di Stadion Patriot Chandrabaga di Kota Bekasi, Jabar.

Kemenangan Vietnam diperoleh dengan gol semata wayang yang dicetak pada babak perpanjangan waktu setelah selama 2 x 45 menit skor imbang tanpa gol.

Nguyen Van Toan menjadi pahlawan Vietnam dengan menjebol gawang Suriah yang dikawal kiper Ahmad Madnya pada menit ke-108.

Di semifinal lusa Vietnam akan bertemu dengan Korea Selatan—yang diperkuat pemain Tottenham Hotspur Son Heung-min serta dua lagi pemain yang ikut memperkuat Korsel ke Piala Dunia 2018—yang pada Senin petang menundukkan Uzbekistan dengan skor 4 – 3 juga lewat perpanjangan waktu.

Korsel adalah juara bertahan. Di final 4 tahun lalu menang 1 – 0 atas Korut di Incheon, Korsel, dengan gol yang dicetak Rom Chang-woo pada menit ke-120+1 atau ketika babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit sudah memasuki injury time.

Sumber : AsianGames2018.id

Tag : asian games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top