ASIAN GAMES 2018: Pukul Uzbekistan 4-3, Korsel ke Semifinal

Tim nasional U-23 Korea Selatan lolos ke semifinal sepak bola putra Asian Games 2018 usai menaklukkan timnas U-23 Uzbekistan 4-3 di babak perempat final, Senin (27/8/2018).
Martin Sihombing | 27 Agustus 2018 19:37 WIB
Pemain Korsel Hwang Ui Jo (16) - INSAGOC

Bisnis.com, BEKASI -  Tim nasional U-23 Korea Selatan lolos ke semifinal sepak bola putra Asian Games 2018 usai menaklukkan timnas U-23 Uzbekistan 4-3 di babak perempat final, Senin (27/8/2018).

Penyerang Hwang Ui Jo menorehkan trigol di laga yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat itu dengan gol di menit kelima, ke-35 dan ke-75. Hwang Hee Chan melesakkan gol terakhir sekaligus gol kemenangan Korsel melalui titik penalti di menit ke-117.

Sementara gol Uzbekistan ditorehkan oleh Jaloliddin Mashapirov (17') dan Ikromjon Alibaev (53' dan 57').

Pada semifinal, timnas U-23 Korsel akan menghadapi pemenang laga timnas U-23 Vietnam versus timnas U-23 Suriah yang berlangsung Senin di Stadion Patriot Chandrabaga mulai pukul 19.30 WIB.

Pada laga Korsel melawan Uzbekistan, timnas U-23 Korea Selatan bermain menekan sejak awal pertandingan. Mengandalkan penyerang klub Liga Inggris Tottenham Hotspur Son Heung Min dan penyerang Hwang Ui Jo, Korsel berhasil memecah kebuntuan di menit kelima melalui Hwang Ui Jo.

Uzbekistan tersentak dengan gol pertama yang dilesakkan ke gawangnya selama Asian Games 2018 itu. Mereka pun mencari cara menyamakan kedudukan dan berhasil di menit ke-17.

Gelandang Jaloliddin Masyaripov sukses mengubah umpan silang dari sisi kanan serangan Uzbekistan menjadi gol. Skor imbang 1-1.

Korea Selatan yang membangkucadangkan tiga pemain jebolan Piala Dunia 2018 yaitu Jeong Taewook, Lee Seungwoo dan Hwang Hee Chan, sempat mengalami kesulitan setelah gol penyama tersebut.

Namun, dengan satu serangan yang dibangun, Hwang Ui Jo lagi-lagi berhasil menorehkan gol, kali ini dengan tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-35. Ini merupakan gol ketujuh penyerang klub Liga Jepang Gamba Osaka tersebut di Asian Games 2018.

Tak ada gol tambahan di sepuluh menit tersisa dan skor tetap 2-1 untuk keunggulan Korea Selatan sampai turun minum.

Delapan menit babak kedua berjalan, Uzbekistan sukses membuat laga menjadi seri 2-2 berkat gol Ikromjon Alibaev.

Tak sampai lima menit usai gol itu, tepatnya menit ke-57, Alibaev kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah bola hasil tendangannya yang terkena pantulan badan bek Korsel tak mampu diantisipasi kiper Song Bumkeun. Dengan gol ini, Alibaev sudah membuat lima gol di Asian Games 2018.

Korsel yang tidak mau kalah meningkatkan serangan ke pertahanan lawan. Hasilnya, Hwang Ui Jo sukses menciptakan gol ketiganya di laga itu pada menit ke-75 sekaligus gol kedelapan sepanjang Asian Games 2018.

Skor imbang 3-3 membuat intensitas laga meninggi. Namun, kedua tim tak dapat mewujudkan gol lain di sisa waktu pertandingan. Laga itu pun harus masuk ke babak tambahan 2X15 menit.

Di fase ini, kedua tim tetap saling menyerang meski melawan rasa letih. Pada 15 menit tambahan pertama, Uzbekistan harus bermain dengan 10 pemain setelah Ikromjon Alibaev dikartu merah setelah menerima kartu kuning kedua di menit ke-101.

Petaka lalu datang untuk Uzbekistan di babak tambahan kedua, di mana bek Rustamjon Ashurmatov melakukan pelanggaran terhadap Hwang Ui Jo di kotak penalti.

Penyerang yang memperkuat Korsel di Piala Dunia 2018 Hwang Hee Chan yang menjadi eksekutor penalti sukses mengubah skor menjadi 4-3 di menit ke-117.

Skor 4-3 untuk kemenangan timnas U-23 Korsel pun menjadi akhir pertandingan tersebut.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-23 Uzbekistan: Botirali Ergashev, Rustamjon Ashurmatov, Akramjon Komilov, Abbosjon Otakhonov, Dostonbek Tursonev, Jaloliddin Masharipov (120+1', Andrey Sidorov), Odiljon Xamrobekov, Zabikhilo Urinboev (kapten, 114', Doniyorjon Narzullaev), Javokhir Sidikov (85', Khurshid Giyosov), Ikromjon Alibaev, Dostonbek Khamdamov (68', Bobir Abdixolikov).

Timnas U-23 Korea Selatan: Song Bumkeun, Hwang Hyunsoo, Kim Minjae, Kim Jinya (114', Kim Jungmin), Kim Moonhwan, Son Heung Min (kapten), Hwan Inbepom, Na Sangho (46', Hwang Hee Chan), Jang Yunho (22', Lee Jinhyun), Lee Seungmo (61', Lee Seungwoo), Hwang Ui Jo.

Sumber : ANTARA/Inasgoc

Tag : asian games 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top