Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Lengkap Liga Prancis: Monaco Tercecer dari Perebutan Gelar

AS Monaco, yang selama beberapa musim terakhir menjadi kopmpetitor utama bagi Paris Saint-Germain (PSG), bahkan dua musim lalu menjuarai Ligue 1 Prancis, agaknya bakal tercecer dari persaingan menuju podium juara.
Penyerang Bordeaux Francois Kamano menjebol gawang AS Monaco dari titik penalti./Twitter@Girondins
Penyerang Bordeaux Francois Kamano menjebol gawang AS Monaco dari titik penalti./Twitter@Girondins

Bisnis.com, JAKARTA – AS Monaco, yang selama beberapa musim terakhir menjadi kopmpetitor utama bagi Paris Saint-Germain (PSG), bahkan dua musim lalu menjuarai Ligue 1 Prancis, agaknya bakal tercecer dari persaingan menuju podium juara.

Dalam pertandingan pekan ketiga Ligue 1 pada Minggu (26/8/2018) malam, skuat asuhan Leonardo Jardim menyerah 1 – 2 dari tuan rumah Bordeaux, yang ditangani pelatih caretaker Eric Bedouet setelah manajemen klub menskors Gustavo Poyet 10 hari lalu akibat memberi komentar yang menyebut penjualan striker Gaetan Laborde ke Montpellier sebagai “aib”.

Sebenarnya manajemen Bordeaux telah menunjuk legenda sepak bola Prancis Thierry Henry untuk menggantikan posisi Poyet secara permanen, tetapi proses negosiasi sejumlah detail masih berjalan.

Bertarung di Stadion Matmut Atlantique (Nouveau Stade de Bordeaux), gol penentu kemenangan tuan rumah baru terjadi ketika pertandingan telah memasuki injury time babak kedua melalui ujung tombak asal Guinea Francois Kamano.

Ketiga gol terjadi pada babak kedua. Kamano pula yang sukses mengeksekusi penalti ketika babak kedua baru berjalan 3 menit. Wasit Clement Turpin menetapkan penalti setelah bek Monaco Jemerson Nascimento melanggar penyerang sayap Bordeaux Samuel Kalu Ojim di kotak terlarang.

Monaco memberi gol balasan lewat Pietro Pellegri pada menit ke-63. Pemain yang baru berusia 17 tahun itu merampas bola di lapangan tengah dari penguasaan Jules Kounde sebelum menuntaskannya dengan tembakan keras ke sudut kiri atas yang tak mampu ditepis kiper Bordeaux Benoit Costil.

Kini Pellegri menjadi pemain pertama yang lahir pada abad 21 alias paling muda yang mencetak gol di Ligue 1 Prancis

Pellegri baru bermain dalam empat pertandingan untuk Monaco sejak diboyong dari klub Serie A Italia Genoa pada Januari 2018 dan ini merupakan gol pertamanya untuk Monaco.

Dia adalah pemain pertama yang lahir pada 2001 yang mencetak gol di Serie A untuk Genoa kala timnya kalah 2 – 3 dari Lazio pada 17 September 2017.

Gol itu membuatnya juga menjadi pencetak gol termuda ketiga di kompetisi teratas Italia setelah Amedeo Amadei (AS Roma, 9 Mei 1937) dan Gianni Rivera, legenda AC Milan, yang mencetak gol saat masih bermain untuk Alessandria pada awal karier profesionalnya, pada 25 Oktober 1959.

Amadei dan Gianni Rivera pada perjalananya kemudian menjadi andalan lini depan Timnas Italia.

Kini, dengan menjebol gawang Bordeaux, dia menjadi pemain pertama yang lahir pada abad 21 alias juga paling muda yang mencetak gol di Ligue 1 Prancis.

Kembali ke pertandingan Bordeaux versus Monaco, setelah skor 1 – 1, sebenarnya tuan rumah berpeluang besar lebih cepat mendapat gol kedua. Namun, eksekusi Samuel Kalu pada menit 86 bisa ditahan kiper Monaco Diego Benaglio, yang melanggar Younousse Sankhare sehingga Monaco dihukum penalti.

Namun, kemenangan Bordeaux segera datang 6 menit kemudian saat injury time. Menerima sodoran pendek Sankhare di dalam kotak penalti, Kamano melepas tendangan mengarah ke sudut kiri atas gawang Monaco yang kali ini gagal diselamatkan Benaglio.

Hasil ini membuat Monaco hanya mengoleksi nilai 4 dari tiga laga awal Ligue 1 musim ini. Sebelumnya Monaco menaklukkan tuan rumah Nantes 3 – 1 dan seri 1 – 1 ketika menjamu Lille.

Sebaliknya, ini raihan poin pertama bagi Bordeaux setelah di dua laga awal menyerah 0 – 2 versus Strasbourg dan 1 – 2 di saat melawat ke markas Toulouse.

Monaco kini di peringkat kesembila klasemen sementara, sedangkan Bordeaux di slot 15. Di posisi teratas masih bercokol juara bertahan Paris Saint-German dengan nilai sempurna 9.

Pekan ketiga Ligue 1 masih menyisakan satu pertandingan lagi yakni Marseille menjamu Stade Rennais yang masih berlangsung ketika berita ini diturunkan dengan skor sementara tanpa gol hingga menit ke-18.

Hasil pekan ketiga hingga Senin (27/8/2018) dini hari WIB: Lyon 2 vs Strasbourg 0;  Paris Saint-Germain 3 vs Angers 1; Amiens 4 vs Stade Reims 1; Montpellier 0 vs St. Etienne 0; Nantes 1 vs Caen 1; Nice 0 vs Dijon 4; Toulouse 1 vs Nimes 0; Lille 3 vs Guingamp 0; Bordeaux 2 vs AS Monaco 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper