Dihajar Korsel 0 – 12, Peluang Sepak Bola Putri Indonesia ke 8 Besar Tipis

Timnas sepak bola putri Indonesia dihabisi Korea Selatan 0 – 12 dengan gol dalam laga terakhir Grup A Asian Games 2018, sehingga kans untuk lolos ke 8 besar dengan status salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik sangat tipis.
M. Syahran W. Lubis | 21 Agustus 2018 23:19 WIB
Pesepak bola putri Indonesia Oktafiani Ade Mustikiana berduka setelah dikalahkan Korea Selatan 0 - 12, hasil yang membuat peluang tim Merah Putih ke 8 besar Asian Games 2018 sangatlah tipis. - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas sepak bola putri Indonesia dihabisi Korea Selatan 0 – 12 dengan gol dalam laga terakhir Grup A Asian Games 2018, sehingga kans untuk lolos ke 8 besar dengan status salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik sangat tipis meski secara matematis masih memungkinkan.

Kekalahan dengan skor supertelak 0 – 12 di Stadion Jakabaring di Palembang, Sumatra Selatan, pada Selasa (21/8/2018) malam itu memang belum pasti menghalangi Mayang ZP dan kawan-kawan untuk melaju ke perempat final, tetapi sangat tipis lantaran berharap Tajikistan mengalahkan Hong Kong di laga terakhir Grup B besok.

Kekalahan itu menempatkan Indonesia di posisi ketiga di bawah Korsel dengan nilai sempurna 9 dan China Taipei dengan 6 angka. Indonesia di posisi ketiga dengan 3 poin berkat kemenangan 6 – 0 atas Maladawa di laga pembuka. Maladewa tanpa nilai dan berada di dasar klasemen Grup A.

Cabang olahraga sepak bola putri Asian Games 2018 yang digelar di dua stadion di Palembang diikuti 11 tim. Mereka dibagi ke tiga grup. Grup A dan B berisi empat tim, sedangkan Grup C tiga tim.

Dua tim yang finis di posisi dua teratas setiap grup lolos ke 8 besar atau perempat final bersama dua peringkat ketiga terbaik di antara tiga tim.

Oleh karena terdapat perbedaan jumlah peserta yakni empat tim di Grup A dan B serta hanya tiga tim di Grup C, maka agar perhitungan untuk menentukan dua tim peringkat ketiga terbaik dilakukan secara berimbang, hasil pertandingan menghadapi tim juru kunci di Grup A dan B diabaikan.

Dengan perhitungan demikian, di antara tiga tim peringkat ketiga, Thailand (Grup C) menjadi yang terbaik, tanpa nilai tapi mempunyai selisih gol terbaik yakni -3, lebih baik dari Hong Kong (Grup B) yang untuk sementara menempati posisi kedua di antara nilai tiga tim peringkat ketiga yang dengan nilai 0 tapi selisih golnya -15.

Sejauh ini, selisih gol Indonesia terburuk yakni -16 dengan nilai 0, karena hasil kemenangan atas Maladewa tidak diperhitungkan dalam menentukan dua dari tiga tim peringkat ketiga terbaik di antara tiga grup.

Indonesia masih bisa lolos ke 8 besar jika Hong Kong dikalahkan Tajikistan di laga terakhir Grup B besok. Jika itu, yang terjadi, Tajikistan finis sebagai peringkat ketiga Grup B dengan selisih gol -32, lebih buruk dari Indonesia.

Masalahnya, harapan agar Tajikistan bisa menaklukkan Hong Kong sangatlah tipis lantaran di dua laga sebelumnya, Tajikistan dibantai habis masing-masing dengan skor 0 – 16 oleh Korea Utara dan China. Sebagai bandingannya, Hong Kong ‘hanya’ kalah 0 – 7 dari China dan 0 – 8 versus Korut.

Sumber : AsianGames2018.id

Tag : asian games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top