Lilipaly Kontribusi Besar Kemenangan Indonesia vs Hong Kong 3 - 1

Indonesia tampil sebagai juara Grup A cabang sepak bola putra Asian Games 2018 setelah menundukkan Hong Kong dengan skor 3 – 1 dalam pertandingan terakhir pada Senin (20/8/2018) di Stadion Patriot Chandrabaga di Kota Bekasi, Jawa Barat.
M. Syahran W. Lubis | 20 Agustus 2018 21:09 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly - PSSI

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia tampil sebagai juara Grup A cabang sepak bola putra Asian Games 2018 setelah menundukkan Hong Kong dengan skor 3 – 1 dalam pertandingan terakhir pada Senin (20/8/2018) di Stadion Patriot Chandrabaga di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dengan demikian, Indonesia akan bertemu dengan peringkat ketiga Grup C Uni Emirat Arab (UEA) di babak 16 besar yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (24/8/2018).

Menghadapi Hong Kong, Indonesia melalui jalan berat untuk memetik kemenangan terutama disebabkan taktik parkir bus yang diterapkan Hong Kong dengan menempatkan hampir semua pemainnya di wilayah pertahanan dengan begitu dalam hingga di dalam area kotak penalti.

Bahkan, di tengah gempuran tak habis-habis dari segenap anak asuh Luis Milla, Hong Kong malah bisa mencuri gol terlebih dahulu pada menit ke-38 melalui kapten tim Lau Hok Ming.

Dia lepas dari jebakan offside dan menanduk bola dari jarak dekat masuk ke sudut kanan bawah gawang Indonesia yang dikawal kiper Andritany Ardhiyasa.

Memasuki babak kedua, pertandingan belum genap semenit, tepatnya detik ke-46, Irfan jaya berhasil melesakkan gol balasan untuk Indonesia.

Begitu laga dimulai, Stefano Liliplay merangsek dan melepas umpan terobosan yang disambut Irfan Jaya dengan tendangan ke tiang dekat yang gagal dicegah kiper Hong Kong Yuen Ho Chun, skor 1 – 1.

Indonesia terus menekan dan dua gol penentu kemenangan lahir di ujung pertandingan. Lilipaly pada menit 85 menuntaskan kerja sama Alberto ‘Beto’ Goncalves dan Rezaldi Hehanusa dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti, skor 2 – 1 untuk skuat Merah Putih.

Gol ketiga akhirnya datang dari Hanif Sjahbandi ketika pertandingan telah memasuki injury time menitn ke-3. Dia menyontek bola umpan silang Lilipaly. Kiper Yuen sempat menepis bola, tetapi bola tetap meluncur masuk sudut kanan bawah gawang untuk menjadikan skor akhir 3 – 1.

Dengan demikian, Lilipaly memainkan peran sangat besar di laga ini dengan mencetak satu gol dan memasok dua assist.

Dengan hasil ini, Indonesia memuncaki klasemen akhir Grup A dengan nilai 9, diikuti Palestina sebagai runner up dengan nilai 8, dan Hong Kong juga lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat terbaik di antara enam grup dengan nilai 7.

Jika Indonesia jumpa UEA di 16 besar, Hong Kong, yang merupakan wilayah khusus Republik Rakyat China, akan berjumpa Uzbekistan, juara Grup B, pada Kamis (23/8/2018).

Tag : timnas indonesia, asian games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top