Prediksi Indonesia vs Hong Kong, ‘Matikan’ Tan & Tarres!

Timnas Indonesia akan jumpa Hong Kong dalam pertandingan cabang sepak bola Asian Games 2018 yang menentukan tim yang akan tampil sebagai juara Grup A.
M. Syahran W. Lubis | 19 Agustus 2018 15:27 WIB
Dua andalan Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly (kiri) dan Muhammad Hargianto - PSSI.org

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan jumpa Hong Kong dalam pertandingan cabang sepak bola Asian Games 2018 yang menentukan tim yang akan tampil sebagai juara Grup A.

Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung pada Senin (20/8/2018) malam dan direncanakan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Sebenarnya, kalau pun finis di posisi ketiga, asalkan jangan kalah dengan selisih gol yang banyak, Indonesia kemungkinan sangat besar tetap lolos ke babak 16 besar.

Namun, finis sebagai juara grup sangatlah penting agar bisa bertemu dengan lawan yang relatif ringan di babak 16 besar yakni salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Sebanyak 25 tim ikut serta yang dibagi menjadi enam grup. Grup A terdiri atas lima tim, sedangkan Grup B, C, D, E, dan F masing-masing dihuni empat tim.

Dua tim teratas di klasemen akhir fase grup ditambah empat peringkat ketiga terbaik akan melaju ke babak 16 besar atau fase knock out.

Posisi klasemen sementara Grup A, tiga teratas diisi Palestina dengan nilai 8, diikuti Hong Kong 7, dan Indonesia 6. Apa pun hasil pertandingan Indonesia versus Hong Kong, akan membuat Palestina lolos ke 16 besar dengan finis sebagai runner up Grup A.

Penampilan Hong Kong di Asian Games kali ini menunjukkan mereka sama sekali tak bisa dianggap ringan.

Bagi Indonesia, dengan kepentingan mendapatkan lawan yang relatif ringan di 16 besar, menaklukkan Hong Kong adalah syarat mutlak.

Hong Kong memang bukan kekuatan utama sepak bola Asia, tetapi penampilan mereka di Asian Games kali ini menunjukkan mereka sama sekali tak bisa dianggap ringan.

Dari tiga laga yang telah mereka jalani, Hong Kong menaklukkan Laos 3 – 1, menghantam China Taipei (Taiwan) 4  - 0, dan menahan imbang Palestina 1 – 1.

Dua pemain yang harus diwaspadai skuat Luis Milla ialah Tan Chung Lok dan Jordi Tarres Paramo. Tan telah mencetak tiga gol, sedangkan Tarres mengontribusi dua gol.

Tan membukukan dua gol ketika Hong Kong menundukkan China Taipei empat gol tanpa balas dan satu lainnya dia kontribusi ketika timnya menang 3 – 1 atas Laos di pertandingan pembuka. Sementara itu, dua gol Tarres dilesakkannya ke gawang China Taipei.

Tarres merupakan pemain naturalisasi dari Spanyol. Usianya pun tak muda lagi, 37 tahun. Namun, gerakan striker klub Kitchee SC masih eksplosif di kotak penalti lawan.

Langkah tepat ‘mematikan’ dua pemain itu bisa disebut telah mendekati separuh merontokkan kekuatan Hong Kong. Dengan demikian, raihan 3 angka lebih mudah direalisasikan.

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top