Indonesia Posisi Ke-3 Juga Lolos, Tapi Menang vs Hong Kong Harga Mati

Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan melawan Hong Kong yang akan menentukan posisi akhir di klasemen Grup A cabang sepak bola putra Asian Games 2018.
M. Syahran W. Lubis | 19 Agustus 2018 14:18 WIB
Alberto 'Beto' Goncalves, striker andalan Timnas Indonesia di Asian Games 2018. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan melawan Hong Kong yang akan menentukan posisi akhir di klasemen Grup A cabang sepak bola putra Asian Games 2018.

Pertandingan melawan wilayah khusus China itu dijadwalkan berlangsung pada Senin (20/8/2018) mulai pk. 19.00 WIB di Stadion Patriot Chandrabaga di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Posisi klasemen sementara Grup A, Palestina masih teratas dengan nilai 8, Hong Kong posisi kedua dengan nilai 7, dan Indonesia di peringkat ketiga dengan koleksi 6 angka.

Sementara itu, dua tim lainnya di Grup A, yakni China Taipei (Taiwan) dan Laos, telah dipastikan tersingkir dengan keduanya secara berurutan hanya mendulang nilai 1 dan 0.

Palestina dipastikan bakal finis sebagai runner up. Mereka telah memainkan seluruh atau empat pertandingan. Hasil pertandingan Indonesia versus Hong Kong akan menurunkan Palestina untuk finis sebagai runner up, apakah seri atau salah satu dari Indonesia dan Hong Kong yang menang.

Menjadi juara Grup A sangat penting agar mendapatkan lawan yang relatif mudah di babak 16 besar

Sebanyak 25 tim ikut serta yang dibagi menjadi enam grup. Grup A terdiri atas lima tim, sedangkan Grup B, C, D, E, dan F masing-masing dihuni empat tim.

Dua tim teratas di klasemen akhir fase grup ditambah empat peringkat ketiga terbaik akan melaju ke babak 16 besar atau fase knock out.

Sebenarnya, melihat perbandingan peringkat ketiga di antara enam grup yang ada, tim yang finis di peringkat ketiga Grup A sekalipun akan lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Di antara tim-tim yang menempati peringkat ketiga klasemen sementara di enam grup, Indonesia memiliki nilai terbaik yakni 3, diikuti peringkat ketiga klasemen sementara Grup C Uni Emirat Arab juga nilai 3 tetapi selisih gol lebih buruk daripada Indonesia, selanjutnya peringkat ketiga Grup E Kirgistan dan peringkat ketiga Grup B Bangladesh masing-masing dengan poin 1.

Nilai Indonesia dihitung 3, bukan 6, karena dikurangi hasil pertandingan melawan Laos sebagai tim paling lemah di Grup A. Pengurangan itu dilakukan agar perhitungannya menjadi seimbang karena peserta Grup A lima tim, sedangkan lima grup lainnya hanya empat tim.

Meskipun bakal lolos meski hanya sebagai peringkat ketiga, dengan syarat tidak kalah dengan jumlah gol banyak dari Hong Kong, tentu Indonesia bertekad memetik kemenangan atas Hong Kong demi finis sebagai juara grup.

Menjadi juara Grup A sangat penting agar mendapatkan lawan yang relatif mudah di babak 16 besar yakni salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik di antara enam grup.

Jika hanya finis di posisi kedua, Indonesia akan bertemu dengan runner up Grup C yakni di antara Suriah dan Uni Emirat Arab, yang relatif lebih berat ketimbang tim yang finis di peringkat ketiga.

Lebih berat lagi jika hanya lolos sebagai peringkat ketiga lantaran di 16 besar akan bertemu dengan China yang berkemungkinan paling besar tampil sebagai juara Grup C atau Uzbekistan yang telah dipastikan menjadi juara Grup B.

Dengan demikian, apabila kita hendak melaju ke babak 8 besar atau perempat final, harus membidik lawan yang secara teori paling lemah dan itu bisa didapatkan di antara empat tim yang finis sebagai peringkat ketiga terbaik dari enam grup. Jadi, menang versus Hong Kong sudah harga mati!

.

Tag : timnas indonesia, asian games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top