Hasil Liga Italia: Persaingan Juventus & Napoli Dimulai, Menang Laga Tandang

Juventus dan Napoli, dua tim teratas klasemen akhir Serie A Italia musim lalu, membuka musim 2018 – 2019 dengan hasih bagus setelah meremukkan lawan-lawan mereka yang berstatus tuan rumah.
M. Syahran W. Lubis | 19 Agustus 2018 12:03 WIB
Para pemain Juventus merayakan gol penentu kemenangan 3 - 2 atas Chievo Verona yang dicetak Filippo Bernardeschi (menghadap kamera). - Reuters/Alberto Lingria

Bisnis.com, JAKARTA – Juventus dan Napoli, dua tim teratas klasemen akhir Serie A Italia musim lalu, membuka musim 2018 – 2019 dengan hasih bagus setelah meremukkan lawan-lawan mereka yang berstatus tuan rumah.

Dalam pertandingan pekan pertama pada Minggu (19/8/2018) dini hari WIB, Juventus dengan kehadiran bintang Cristiano Ronaldo yang melakukan debutnya di laga resmi, berhasil menekuk tuan rumah Chievo di Stadion Marc Antonio Bentegodi di Verona dengan skor tipis 3 – 2.

Sang juara bertahan baru mampu memetik kemenangan berkat gol yang dihasilkan pada injury time babak kedua melalui kontribusi Filippo Bernardeschi.

Juventus bahkan sempat tertinggal 1 – 2 hingga menit ke-75 dan bisa menyamakan kedudukan menjadi 2 – 2 berkat gol bunuh diri pemain Chievo Mattia Bani.

Sebelumnya Juventus membuka keunggulan melalui Sami Khedira ketika pertandingan baru memasuki menit ke-3, menuntaskan tendangan Miralem Pjanic yang sempat disentuh Giorgio Chiellini.

Namun, Chievo membalikkan skor menjadi 2 – 1 lewat kontribusi gol Mariusz Stepinski (38’) dan penalti gelandang Emanuele Giaccherini (56’).

Penalti untuk keuntungan tuan rumah Chievo diberikan wasit Fabrizio Pasqua setelah bek Juventus Joao Cancelo mengganjal Giaccherini—yang memperkuat Juventus pada 2011 hingga 2013—di area kotak terlarang.

Juara bertahan berjuluk Si Nyonya Tua akhir membawa pulang poin penuh setelah datang gol bunuh diri Bani pada menit 75 dan Bernardeschi di ujung laga.

Bani dipaksa menjebol gawang sendiri setelah keliru mengantisipasi sepak pojok ketika berada di bawah tekanan bek Juventus Leonardo Bonucci.

Sementara itu, gol ketiga Juventus dicetak Bernardeschi yang menyontek bola umpan mendatar Alex Sandro pada menit ke-3 injury time saat kiper veteran Chievo berusia 39 tahun Stefano Sorrentino baru 2 menit meninggalkan lapangan akibat cedera dan digantikan Andrea Seculin, yang dipaksa menerima kenyataan kebobolan meskipun hanya bermain sekejap.

Dalam laga perdananya bersama Juventus, Ronaldo berulang kali membuat percobaan gol ke gawang Chievo, tetapi upayanya dimentahkan kiper veteran berusia 39 tahun Stefano Sorrentino.

Ronaldo, yang pindah dari Real Madrid ke Juve musim panas ini, bahkan menggagalkan gol rekannya Mario Mandzukic saat skor 2 – 2 karena, setelah menyaksikan video asisten wasit (VAR), wasit menyatakan pemain asal Portugal itu handsball sebelum Manzdukic menjebol gawang Chievo.

Kejadian pada menit ke-90 itu pula yang menyebabkan kiper Chievo Sorrentino cedera patah hidung akibat berbenturan dengan Ronaldo dan mesti digantikan Seculin.

Dalam pertandingan lainnya, Napoli, dengan pelatih baru Carlo Ancelotti, juga mencatat kemenangan di kandang lawan.

Bermain di Stadion Olimpico Roma, seperti juga Juventus, Napoli berhasil membalikkan skor setelah tertinggal lebih dahulu dari tuan rumah Lazio untuk memetik kemenangan tipis 2 – 1.

Bomber Ciro Immobile membuka keunggulan Lazio pada menit ke-25, tetapi Napoli mencetak dua gol lewat Arkadiusz Milik pada injury time babak pertama dan Lorenzo Insigne pada menit 59 untuk membawa pulang 3 angka.

Hasil dan jadwal pekan pertama Serie A (dalam WIB):

Sabtu, 18 Agustus:

Chievo Verona 2 vs Juventus 3

Minggu, 19 Agustus:

01:30   Lazio 1 vs Napoli 2

23:00   Torino vs AS Roma

Senin, 20 Agustus:

01:30   Bologna vs SPAL

01:30   Empoli vs Cagliari

01:30   Parma vs Udinese

01:30   Sassuolo vs Inter Milan

Selasa, 21 Agustus:

01:30   Atalanta vs Frosinone.

Sumber : Reuters

Tag : liga italia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top