Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penemu Neymar Bicara Tentang Neymar: Saya Memiliki Keraguan

Hubungan saya dengan Neymar dimulai ketika dia berusia 12 tahun. Dia diperkenalkan kepada saya oleh seorang teman yang sudah melihatnya bermain sepak bola. Saya ingin tahu apakah dia baik atau tidak, jadi saya pergi untuk melihatnya bermain. Tidak ada yang tahu tentang dia dan apa yang terjadi? Dia pergi dari bermain futsal indoor ke lapangan sepakbola.
Antnio Lima Dos Santos/Reuters
Antnio Lima Dos Santos/Reuters

Bisnis.com,  PRAIA GRANDE, Brasil - Antônio Lima Dos Santos adalah teman sekamar dengan legenda Pelé selama hari-harinya bermain untuk Brasil, tetapi hubungannya dengan klub Santos berjalan lebih dalam.

Bagian dari tim Piala Dunia 1966 Brasil, Lima (sebagaimana dia juga dikenal) menikmati karir bermain yang sukses dengan Santos sebelum melanjutkan untuk melatih di sana termasuk membantu untuk meluncurkan idola saat ini Neymar Jr di jalan menuju kemenangan.

Berikut ini adalah wawancara eksklusif dengan mantan pemain berusia 76 tahun saat Neymar Jr bersiap untuk memulai musimnya untuk PSG melawan Caen pada Minggu:

Penemu Neymar Bicara Tentang Neymar: Saya Memiliki Keraguan

Bagaimana hubungan Anda dengan Neymar Jr? Bagaimana kamu bertemu?

Hubungan saya dengan Neymar dimulai ketika dia  berusia 12 tahun. Dia diperkenalkan kepada saya oleh seorang teman yang sudah melihatnya bermain sepak bola. Saya ingin tahu apakah dia baik atau tidak, jadi saya pergi untuk melihatnya bermain. Tidak ada yang tahu tentang dia dan apa yang terjadi? Dia pergi  dari bermain futsal indoor ke lapangan sepakbola. Saya mendapat bantuan dari José Ely de Miranda - Zito - yang juga pemain Santos. Kami menciptakan kategori yang tidak ada, yang berusia di bawah 13 tahun, jadi dia bisa terdaftar dan menjadi bagian dari grup kami.

Apa yang menonjol dari Neymar Jr ketika Anda pertama kali bertemu dengannya?

Saya terkesan. Saya memiliki keraguan, karena saya pikir dia bisa memiliki masalah karena dia bermain sangat sedikit di lapangan. Dia bermain sepakbola dalam ruangan lebih banyak, dan ada perbedaan besar di antara mereka.

Pertama kali saya melihatnya di lapangan, saya berbicara dengannya dan kami berbicara. Saya ingat berbicara dengannya di ruang ganti. Saya mengatakan kepadanya  dia seharusnya tidak percaya ini akan menjadi satu-satunya kesempatannya. Kami tahu  80% dari waktu Anda bermain sepak bola dalam ruangan dan bukan sepakbola profesional. Jadi butuh waktu untuk beradaptasi dari satu tempat ke tempat lain. Yah, butuh waktu setengah jam untuk beradaptasi dan, setelah itu, dia bermain sangat rileks - bermain dalam posisi biasanya dan seterusnya. Saya ingat  sebulan kemudian dia pergi ke São Paulo untuk ambil bagian dalam turnamen. Dia mulai menarik begitu banyak perhatian,  ketika orang-orang pergi untuk melihat pertandingan Santos, mereka bertanya apakah dia akan bermain atau tidak. Dan Anda tahu apa, dia baik tapi dia hanya seorang anak berusia 13 tahun.

Bagaimana sikapnya berlatih saat itu?

Pertama-tama, dia selalu menginginkan semua bola untuknya. Saya berbicara banyak tentang hal ini dengannya. Hal pertama yang dia katakan ketika dia sampai di lapangan adalah: dimana bolanya? Dan pelatih fisik juga bersikeras memanggil perhatiannya. Dimulai dengan kebiasaan ini bisa mengakibatkan cedera. Jadi kami memiliki rutinitas khusus untuknya karena, jika dia bisa, dia akan berlatih sepanjang waktu dengan bola.

Neymar Jr bilang Anda  pelatih yang paling dia cintai. Bagaimana perasaan Anda?

Terkadang terjadi. Saya berteman baik dan saya mengenal pemain hebat. Saya juga sangat mencintainya karena semua yang terjadi lebih karena persahabatan kami daripada hubungan pelatih-pemain biasa. Itu berhasil seperti ini. Saya harus berbicara dengannya seolah-olah saya sedang berbicara dengan anak saya. Saya mencoba mengoreksinya saat saya pikir dia salah. Dan ketika dia punya masalah dia mendatangi saya untuk berbicara, sesuatu yang tidak semua pemain lakukan. Namun, dia melakukannya.

Bagaimana Neymar Jr menangani kehilangan pertandingan penting?

Dia tidak bisa terbiasa. Dia hampir tidak menyadari itu bisa terjadi. Saya berbicara banyak dengannya. Saya berkata, 'Hanya tiga hal yang dapat terjadi: Anda menang, Anda kalah atau Anda seri. Sisanya tidak akan terjadi. '

Jika Anda masih melatihnya sekarang, bagaimana Anda akan meningkatkan permainannya?

Saya akan bekerja hari ini untuk meningkatkan kinerjanya. Saya akan melatihnya hari ini untuk mengoper bola lebih cepat, karena semua saingannya tahu cara bermain melawannya. Mereka nyaris tidak memberinya kesempatan untuk bermain dengan bola. Ketika dia menghentikan bola yang dia miliki dengan dia dan mereka tidak mengizinkannya untuk membuat kemajuan, mereka tidak mengizinkannya untuk mengembangkan permainannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper