Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mundur dari Timnas Jerman, Emery Pastikan Arsenal Jadi Rumah Buat Ozil

Mundur dari Timnas Jerman, Emery Pastikan Arsenal Jadi Rumah Buat Ozil
Mesut Ozil/Reuters-Andrew Couldridge
Mesut Ozil/Reuters-Andrew Couldridge

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer Arsenal Unai Emery mengatakan klub yang dipimpinnya ingin menjadi seperti rumah buat pemain gelandang, Mesut Ozil. Hal itu terjadi setelah Ozil mengundurkan diri dari tim nasional Jerman pada Minggu, 22 Juli 2018.

Pemain berusia 29 tahun itu mengatakan hal yang membuatnya mundur dari tim nasionalnya adalah masalah rasisme dan rasa kurang hormat kepada keberadaannya.

Ozil memutuskan mundur dari tim nasional Jerman menyusul gelombang kritik yang dialamatkan kepadanya setelah mereka gagal mempertahankan gelar juara dunia pada Piala Dunia 2018. Jerman secara mengejutkan tersingkir pada fase grup.

Kritikan kepada Ozil itu semakin mengeras dan dikaitkan kembali dengan foto Ozil bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di London pada Mei lalu, yang menimbulkan kehebohan di Jerman.

Ozil, yang memiliki keturunan Turki, sudah mempublikasikan pernyataan pengunduran dirinya sebanyak tiga lembar melalui akun Twitter miliknya. Antara lain ia mengatakan perlakuan yang diterimanya membuatnya tak ingin lagi mengenakan kostum tim nasional Jerman.

“Kami akan menolong dia untuk merasa nyaman dan bisa menampilkan kualitas permainannya bersama kami,” kata Emery.

Sedangkan Federasi Sepak Bola Jerman sudah mengeluarkan pernyataan yang membantah adanya perlakuan diskriminatif serta bersifat rasial kepada Ozil.

"Mesut akan mendapat penghormatan dari setiap pemain di sini,” kata Emery, yang terpilih menggantikan Arsene Wenger sebagai manajer Arsenal pada Mei lalu.

“Semua dari kami ingin menolong Mesut untuk merasa ini adalah rumahnya bersama kami. Seperti sebuah keluarga dan sebuah keluarga untuk setiap pemain.”

Ozil sudah bergabung dengan skuad Arsenal di Singapura untuk menjalani tur pramusim sebelum mereka melawan Atletico Madrid pada pertandingan persahabatan, Kamis ini.

Ketika ditanya apakah mental Ozil sudah siap mengikuti tur pramusim, Emery menjawab, “Saya yakin ia akan memiliki sebuah musim yang sukses bersama kami.”

“Ia punya pengalaman, kualitas, dan mental yang hebat,” tutur Emery, melanjutkan.

Ketua Eksekutif Arsenal Ivan Gazidis dikabarkan mendapat tepukan pujian dari para pemain juga staf Arsenal setelah berbicara membela Ozil di sebuah acara klub pada Selasa, 24 Juli 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper