Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keputusan Mundur Ozil Karena Rasisme Picu Debat Publik di Jerman

Keputusan bintang sepak bola Jerman Mesut Ozil mundur dari tim nasional karena rasisme dan ketidakhormatan yang dia hadapi atas akar Turki memicu debat publik yang buruk pada Senin (23/7/2018) tentang hubungan negara dengan komunitas imigran terbesarnya.
Mesut Ozil/Reuters
Mesut Ozil/Reuters

Bisnis.com, BERLIN - Keputusan bintang sepak bola Jerman Mesut Ozil mundur dari tim nasional karena "rasisme dan ketidakhormatan" yang dia hadapi atas akar Turki memicu debat publik yang buruk pada Senin (23/7/2018) tentang hubungan negara dengan komunitas imigran terbesarnya.

Politisi Jerman yang paling terkemuka asal Turki mengatakan akan sulit bagi ketua asosiasi sepakbola nasional untuk tetap dalam peran, dan menambahkan kepergian Ozil hanya akan disambut oleh mereka yang menentang keragaman.

Pengumuman Ozil di media sosial pada Minggu malam menyebabkan surat kabar nasional untuk membersihkan halaman depan mereka untuk gelandang , 29,  anggota kunci dari tim pemenang Piala Dunia Jerman pada  2014 - dan juga anggota tim yang dieliminasi di babak penyisihan grup turnamen 2018 di Rusia.

Keputusan Mundur Ozil Karena Rasisme Picu Debat Publik di Jerman

Mesut Ozil dan Presiden Tayyip Erdogan/Reuters

Pemain itu, yang mendapat kecaman karena fotonya  bersama Presiden Turki yang otoriter Tayyip Erdogan pada Mei, terutama digelitik oleh kritik dari kepala Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel, yang  menyalahkannya atas Jerman yang tersingkir dari turnamen tahun ini. .

Seorang juru bicara DFB tidak segera menanggapi ketika diminta komentar dari Grindel.

Cem Ozdemir, mantan ketua partai Hijau dan politisi paling terkenal dari latar belakang Turki, mengatakan akan sulit bagi Grindel untuk melakukan pekerjaannya di masa depan mengingat realitas yang beragam dari Jerman dan tim sepak bolanya.

"Ini akan sangat sulit bagi Grindel setelah ini," katanya kepada radio Deutschlandfunk. “Dia tidak mencerminkan luasnya sepakbola di Jerman sehingga akan sulit bagi orang Turki Jerman, atau bahkan Kroasia Jerman, untuk merasa DFB adalah milik mereka.”

Gokay Sofuoglu, pemimpin komunitas Turki di Jerman, menyerukan Grindel untuk mengundurkan diri, menambahkan: "Keanekaragaman di tim nasional adalah proyek pajangan besar yang sekarang beresiko gagal karena pemimpin yang tidak kompeten."

Mantan Presiden DFB Theo Zwanziger dikutip di media Jerman mengatakan DFB belum cukup untuk menyelesaikan konflik menjelang Piala Dunia.

"Kesalahan komunikasi berarti sesuatu yang terjadi yang seharusnya tidak pernah terjadi pada migran. Mereka seharusnya tidak pernah merasa seperti kelas dua Jerman," katanya dan menambahkan: "Pengunduran diri Ozil adalah kemunduran besar bagi upaya integrasi di luar sepak bola di negara kita."

DFB mengatakan menyesalkan kepergian Ozil, tetapi menolak tuduhan rasisme, mengatakan selama bertahun-tahun membantu mengintegrasikan orang-orang dengan latar belakang migran dan akan terus melakukannya, dan menambahkan: "DFB adalah singkatan dari keberagaman".

Seorang juru bicara Kanselir Angela Merkel mengatakan pada  Senin sebagian besar dari sekitar tiga juta orang dengan akar Turki yang tinggal di Jerman terintegrasi dengan baik.

Dia mengatakan Jerman adalah "negara kosmopolitan". Orang-orang dengan latar belakang migran disambut dan olahraga memainkan peran besar dalam integrasi. Merkel menilai Ozil sebagai pesepakbola "hebat".

KRITIK DAN TUJUAN
Perselisihan ini bertepatan dengan debat politik yang bernas di Jerman tentang masuknya 1,6 juta migran sejak pertengahan 2014 yang telah melihat kebangkitan partai Alternatif untuk Jerman (AfD) yang paling kanan dengan mengorbankan partai-partai tradisional.

Ini juga mengungkap perbedaan pendapat atas komunitas Turki yang besar dan mapan di negara itu.

Ratusan ribu orang Turki datang ke Jerman pada 1960-an untuk membantu mengatasi kekurangan tenaga kerja sebagai "pekerja tamu", tetapi sedikit upaya dilakukan untuk membantu mereka belajar bahasa Jerman dan berintegrasi.

Sebuah survei oleh Pusat Sains Sosial WZB Berlin pada Juni lalu menunjukkan orang-orang keturunan Turki, seperti kelompok-kelompok lain dengan latar belakang migran, mengalami diskriminasi ketika mereka melamar pekerjaan.

Sama seperti tim Jerman yang menang 2014 dirayakan karena keragamannya, demikian pula tim Piala Dunia Prancis pada 2018 karena memiliki banyak pemain kunci dengan akar etnis Afrika.

Bintang sepak bola Jerman Jerome Boateng, lahir di Berlin bersama seorang ayah Ghana, men-tweet foto dirinya dengan Ozil dan menulis: "Sungguh menyenangkan Abi". "Abi" berarti saudara dalam bahasa Turki.

Namun, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mempertanyakan debat di sekitar Ozil, yang bermain untuk klub Inggris Arsenal, mengatakan: “Saya tidak percaya kasus seorang multijutawan yang hidup dan bekerja di Inggris memberikan banyak wawasan tentang keberhasilan atau kegagalan integrasi di Jerman. "

Badan anti-diskriminasi Inggris, Kick It Out, mengatakan "perlakuan rasis" yang diterima Ozil di tangan media, pendukung dan masyarakat mengecewakan, tetapi mencerminkan apa yang dilakukan sejumlah pemain sepakbola dengan warisan campuran di Eropa.

Ozdemir mengatakan bahkan jika Ozil naif, tetapi, kepergiannya akan menjadi "kabar baik bagi Erdogan, untuk AfD, semua orang yang menentang keragaman."

Pemimpin AfD, Alice Weidel menulis: "Impian integrasi tidak bekerja dengan jutawan sepak bola," menggambarkan "omelan" Ozil sebagai "contoh khas dari integrasi yang gagal".

Di Turki, bagaimanapun, politisi menumpuk pujian pada pemain dan mengecam mereka yang telah menyiksanya.

"Apa yang Mesut Ozil lalui dan bagaimana dia diperlakukan tidak bisa dimaafkan. TIDAK ada alasan untuk rasisme dan diskriminasi,"  kata Gulnur Aybet, penasihat senior untuk Erdogan menulis di Twitter.

Sponsor utama Ozil, Adidas, mengatakan akan mendukungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper