Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FINAL PIALA DUNIA 2018: Prancis vs Kroasia, Ini Penjelasan Zlatko Dalic

Dongeng Kroasia yang melaju ke final Piala Dunia adalah keajaiban sepakbola yang dibangun di atas fondasi kerja tim dan persatuan yang telah melihat mereka bertahan hidup di sisi yang bergantung pada bakat individu yang brilian, kata pelatih Zlatko Dalic.
Luka Modric (Kroasia) kiri dan Paul Pogba (Prancis)/Reuters
Luka Modric (Kroasia) kiri dan Paul Pogba (Prancis)/Reuters

FINAL PIALA DUNIA 2018: Prancis vs Kroasia, Ini Penjelasan Zlatko Dalic
Bisnis.com, MOSKOW -  Dongeng Kroasia yang melaju ke final Piala Dunia adalah "keajaiban" sepakbola yang dibangun di atas fondasi kerja tim dan persatuan yang telah melihat mereka bertahan hidup di sisi yang bergantung pada bakat individu yang brilian,  kata pelatih Zlatko Dalic.

Kemenangan 2-1 Rabu atas Inggris di Moskow mengirim Kroasia ke final  Minggu (15/7) melawan Prancis, pertandingan KO ketiga beruntun itu di mana mereka dipaksa untuk bermain dengan perpanjangan waktu.

Ketahanan mental yang diperlukan untuk datang melalui tes semacam itu adalah hasil dari penekanan pada bermain sebagai tim, Dalic mengatakan, dan menunjukkan kecenderungan yang lebih luas di Piala Dunia di mana orang-orang seperti Neymar, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi semua pulang lebih awal.

"Bagi saya, Messi adalah pemain terbaik di dunia dan Neymar sangat dekat," kata Dalic dalam konferensi pers.

"Tapi di Piala Dunia ini, tim bertabur bintang yang mengandalkan nama-nama besar sudah ada di pantai. Tim kompak dan bersatu berjuang untuk sesuatu yang masih ada."

"Ini adalah Piala Dunia yang paling aneh. Sepakbola telah berkembang sangat pesat sehingga setiap tim dapat memiliki pertahanan yang terorganisir dengan baik, jadi tidak ada margin kemenangan yang besar dan tim adalah segalanya.

"Ini adalah masalah kami selama 10 tahun, kami memiliki individu yang hebat tetapi tidak ada persatuan dan itulah mengapa saya harus membangun kesatuan tujuan dalam tim."

Kroasia hampir bukan tim tanpa nama, tetapi, fakta yang Dalic cepat tunjukkan ketika ditanya apakah Inggris telah tidak menghormati timnya dengan kepercayaan diri mereka sebelum semifinal.

Di Luka Modric dan Ivan Rakitic mereka memiliki mesin lini tengah Real Madrid dan Barcelona, sementara pencetak gol kemenangan mereka melawan The Three Lions, Mario Mandzukic, memenangkan Liga Champions bersama Bayern Munich dan sekarang bermain untuk Juventus.

"Modric memiliki musim yang brilian bersama Real Madrid dan di sini, dia masih berlari di sekitar lapangan pada menit ke-115," kata pelatih.

"Saya pikir dia telah menjadi pemain turnamen terlepas dari hasil pada  Minggu."

Dalic mengatakan dia telah mengizinkan para pemainnya untuk merayakan kemenangan pada Rabu malam dan akibatnya tidak menyadari tingkat cedera dalam skuadnya.

"Mereka lelah, mereka kelelahan, mereka sangat gembira," katanya.

"Mereka libur sehari dan kami akan melatih mereka besok. Mereka membiarkan rambut mereka rontok dan saya menyetujui itu karena kami telah diisolasi selama 50 hari."

"Kami sudah pasti menulis diri ke dalam sejarah, mengingat kondisi dan infrastruktur kembali ke rumah, kami adalah keajaiban," tambahnya.

"Ini mungkin salah satu prestasi olahraga terbesar dari semua orang Kroasia. Ini adalah kesuksesan global dan saya sangat senang itu terjadi di bawah manajemen saya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper