Indonesia Terhenti di Piala AFF U-19 Tetap dengan Kepala Tegak

Perjalanan Timnas Indonesia akhirnya kandas di semifinal Piala AFF (Asean Football Federation) U-19, menyerah 2-3 lewat adu penalti dari Malaysia setelah selama permainan 90 menit skor imbang 1-1.
M. Syahran W. Lubis | 12 Juli 2018 21:32 WIB
Penyerang Timnas Indonesia U-19 Saddil Ramdani. - PSSI.org

Bisnis.com, JAKARTA – Perjalanan Timnas Indonesia akhirnya kandas di semifinal Piala AFF (Asean Football Federation) U-19, menyerah 2-3 lewat adu penalti dari Malaysia setelah selama permainan 90 menit skor imbang 1-1.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Indosiar, dalam pertandingan pada Kamis (12/7/2018) malam di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur, kedua tim bermain terbuka dan saling bertukar serangan, serta beberapa kali terjadi pelanggaran yang memanaskan tensi pertandingan.

Anak-anak Garuda Muda unggul cepat melalui titik penalti yang dieksekusi Egy Maulana Vikri ketika pertandingan belum genap berjalan 2 menit.

Wasit memutuskan penalti setelah pemain Malaysia Nabil Hakim mengganjal Saddil Ramdani yang tengah menggocek bola di area kotak penalti.

Namun, keunggulan Nurhidayat Haji Haris dan kawan-kawan tidak bertahan lama. Tim berjuluk Harimau Malaya berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melalui sundulan kepala kapten tim Muhammad Syaiful pada menit ke-14 dengan menyambar umpan dari sepak pojok.

Pada menit ke-20 Saddil Ramdani mengeksekusi tendangan bebas dari sudut sempit sisi kiri gawang Malaysia yang dikawal kiper Muhammad Azri, tetapi hanya membentur tiang kanan gawang lawan.

Selepas itu, Malaysia beberapa kali melancarkan serangan berbahaya, tetapi skor tak berubah berkat permainan lini belakang anak asuh Indra Sjafri yang cukup disiplin.

Pada babak kedua, saling serang berlanjut. Tak banyak peluang tercipa akibat ketatnya jalan pertandingan.

Salah satu peluang terbaik didapat Egy Maulana Vikri pada menit ke-64. Berhadapan dengan kiper Malaysia, tapi sontekan penyerang Indonesia hanya melintasi mulut gawang dan momen itu menjadi pangkal masalah sehingga Egy akhirnya ditarik keluar lapangan 20 menit dengan menahan rasa sakit yang luar biasa.

Setelah skor 1-1 hingga 90 menit, adu penalti akhirnya digelar dan tiga penendang Indonesia gagal. Mereka adalah Witan Sulaeman, Firza Andika, dan Hanis Saghara Putra, membuat upaya Luthfi Kamal dan Todd Rivaldo Ferre yang sukses menjebol gawang lawan tak berujung dengan kemenangan.

Meski terhenti dan gagal juara, salut untuk perjuangan yang telah diperlihatkan sepanjang turnamen kali ini. Mereka tetap layak diapresiasi dan meninggalkan lapangan dengan kepala tegak.

Tag : piala aff u-19, timnas u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top