Hasil Piala AFF U-19: Myanmar Sikat Thailand, vs Indonesia di Final?

Myanmar secara mengejutkan lolos ke final Piala AFF (Asean Football Federation) U-19 setelah menundukkan Thailand dengan skor tipis 1-0 dalam semifinal.
M. Syahran W. Lubis | 12 Juli 2018 18:32 WIB
Timnas Indonesia U/19 Ant/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Myanmar secara mengejutkan lolos ke final Piala AFF (Asean Football Federation) U-19 setelah menundukkan Thailand dengan skor tipis 1-0 dalam semifinal di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (12/7/2018) petang.

Satu-satunya gol Myanmar yang menentukan kemenangan atas Thailand dikontribusi oleh ujung tombak Win Naing Tun 5 menit menjelang pertandingan selesai.

Kemenangan itu layak disebut mengejutkan karena di laga terakhir Grup B, Myanmar kalah 0-1 dari Malaysia sehingga hanya menjadi runner up grup, sedangkan Thailand yang merupakan juara bertahan tidak terkalahkan dalam lima pertandingan Grup A termasuk menang 2-1 atas Indonesia.

Di partai final, Myanmar akan menghadapi pemenang pertandingan Indonesia versus Malaysia yang akan bertarung mulai pk. 19:00 WIB ini, juga di Stadion Gelora Delta.

Apabila Indonesia berhasil mengatasi Malaysia, secara teori Myanmar merupakan lawan berat di final melihat rekam jejak selama ini, tetapi dari sisi psikologis Indonesia diuntungkan.

Hal itu disebabkan di turnamen ini tahun lalu yang digelar di Myanmar, Indonesia menghantam Myanmar dua kali. Di fase grup Indonesia menang 3-1 setelah tertinggal lebih dahulu 0-1, dan pada pertandingan perebutan tempat ketiga melumat habis sang tuan rumah dengan skor sangat telak 7-1.

Menghadapi Malaysia, Indonesia telah dipastikan bakal menurunkan kekuatan penuh. Di bawah mistar gawang ada Muhammad Riyandi. Lini belakang diisi Kadek Raditya Maheswara, Firza Andika, dan kapten tim Nurhidayat Haji Haris.

Di lini tengah bercokol Muhammad Rafi Syarahil dan Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar, Syahrian Abimanyu.

Di barisan depan yang tentunya tumpuan utama untuk menghasilkan gol dihuni Saddil Ramdani dan Muhammad Rafli Mursalim, serta Egy Maulana Vikri yang telah bergabung dengan timnas setelah absen sepanjang fase grup lantaran masih di Lechia, Polandia, bersama klubnya, Lechia.

Pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar.

Sumber : AseanFootball.org

Tag : piala aff u-19, timnas u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top