Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Prancis vs Belgia, Rekor Pertemuan, Statistik, Prediksi: Adu Tajam Lukaku dan Mbappe

Pelatih Prancis Didier Deschamps yakin dia telah mempersiapkan para pemainnya untuk setiap kejutan taktis dari lawannya Roberto Martinez yang mungkin akan muncul ketika mereka menghadapi Belgia di semifinal Piala Dunia di St Petersburg pada Selasa (10/7/2018).
Romelu Lukaku dalam balutan jersey Timnas Belgia/Reuters-Francois Lenoir
Romelu Lukaku dalam balutan jersey Timnas Belgia/Reuters-Francois Lenoir

Bisnis.com, ST PETERSBURG -  Pelatih Prancis Didier Deschamps yakin dia telah mempersiapkan para pemainnya untuk setiap kejutan taktis dari lawannya Roberto Martinez yang mungkin akan muncul ketika mereka menghadapi Belgia di semifinal Piala Dunia di St Petersburg pada Selasa (10/7/2018) atau Rabu (11/7/2018) Pukul 01.00 WIB.

Belgia adalah pencetak gol terbanyak turnamen, dan Martinez mendapat kejutan dengan mengubah sistemnya di perempat final melawan Brasil, memindahkan target man Romelu Lukaku ke luar sehingga Kevin de Bruyne bisa beroperasi sebagai "sembilan palsu".

Tweak  bekerja memperlakukan itu saat  Belgia ingin dinetralkan lini tengah Brasil, sementara memungkinkan Lukaku dan Eden Hazard untuk melampaui bek penuh mereka.

PIALA DUNIA 2018: Prancis v Belgia, Head To Head, Prediksi, Preview: Lukaku vs Varane?

PIALA DUNIA 2018: Kroasia vs Inggris, Rekor Pertemuan, Susunan Pemain, Prediksi, Preview: Modric vs Kane?

De Bruyne mendapat keuntungan dari ruang terbuka di tengah saat bek tengah Brasil dipaksa untuk mengatasi ancaman itu, dan dia mencetak gol pertamanya di turnamen itu dalam kemenangan 2-1.

Dengan Thomas Meunier diskors untuk semifinal, Martinez pasti membuat setidaknya satu perubahan.

"Belgia tidak datang ke sini secara kebetulan. Mereka memainkan pertandingan hebat melawan Brasil dengan rencana permainan tertentu,"  kata Deschamps yang berusia 49 tahun mengatakan pada konferensi pers pada Senin (9/7/2018). "Apakah mereka akan melakukan hal yang sama untuk kita? Mungkin."

"Tim mereka siap maju. Mereka menjaga kualitas khusus itu, tetapi melawan Brasil, Martinez meningkatkan lini tengah ... dan pemain Brasil tidak bisa menggunakan koridor itu."

"Mereka menyerang sangat cepat. Jadi saya telah memastikan  pemain saya siap untuk skenario apa pun dari awal pertandingan dan selama pertandingan juga jika itu berubah."

Deschamps menambahkan  Martinez telah mendapat manfaat dari fondasi kuat yang diwarisi dari Marc Wilmots, yang dipecat setelah Belgia kalah dari Wales di perempatfinal Euro 2016.

"Saya tidak ingin menyinggung Martinez, tetapi dia, tentu saja, mendapat manfaat dari kerja Wilmots, terlepas dari fakta bahwa Wales menyingkirkan tim itu," kata Deschamps.

"Dia mengubah sedikit hal, menempatkan stempelnya sendiri di tim, tetapi dia memiliki potensi besar dengan kelompok pemain ini. Saya tidak tahu apakah dia akan melakukannya, tapi saya mengucapkan selamat kepadanya karena berada di semifinal bahkan  dia akan menghadapi kita. "

Forward Kylian Mbappe, salah satu pemain terbaik Prancis di Rusia, tidak ada pada 15 menit pertama pelatihan yang terbuka untuk media, tetapi Deschamps mengatakan dia memiliki skuad penuh untuk dipilih.

"Tidak ada yang keluar, meskipun kami istirahatkan empat pemain hari ini. Itu adalah tindakan pencegahan," tambah pelatih.

Tim telah bertemu 73 kali sebelum dengan Belgia menang pada 30 kesempatan, Prancis 24, dan 19 pertandingan seri.

Mereka terakhir bertemu dalam pertandingan persahabatan pada  2015 dan sejumlah pemain Belgia dan Prancis adalah rekan satu tim di level klub.

Hazard dan kiper Thibaut Courtois berbaris melawan rekan setim Chelsea Ngolo Kante dan Olivier Giroud, sementara Paul Pogba menghadapi rekan-rekannya di Manchester United Marouane Fellaini dan Lukaku.

"Kami tahu mereka dan mereka mengenal kami," kata Deschamps. "Ini aneh karena ada banyak pemain di tim saya yang akan menghadapi rekan setim di klub mereka sendiri. Ini adalah keuntungan di kedua sisi, tetapi kami akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencapai final."

FAKTA

Prancis vs Belgia

Stadion Saint Petersburg, St Petersburg - 68.134 Kursi

Rabu (11/7/2018) - Pukul 01.00 WIB

Statistik kunci:

* Belgia telah mencapai semifinal Piala Dunia untuk kedua kalinya, kalah dari Argentina pada 1986.

* Tim Roberto Martinez tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan. Kekalahan terakhir mereka dalam pertandingan kompetitif adalah ke Wales di perempat final Euro 2016.

* Belgia telah mencetak lebih banyak gol daripada tim lain di turnamen (14).

* Belgia memiliki sembilan pencetak gol berbeda di Piala Dunia tahun ini (tidak termasuk gol bunuh diri). Hanya Italia pada  2006 dan Prancis pada  1982 (masing-masing 10) yang pernah memiliki lebih banyak dalam satu turnamen.

* Romelu Lukaku telah mencetak 17 gol dan membuat tiga assist dalam 13 penampilan terakhirnya di Belgia.

* Semua pemain Belgia siap,  kecuali Thomas Meunier akan kehilangan pertandingan berikutnya jika kembali mendapat kartu kuning setelah  dapat di pertandingan perempat final melawan Brasil.

* Prancis telah maju ke semi final Piala Dunia untuk keenam kalinya, mencapai final dua kali - pada  1998 dan 2006.

* Tim Didier Deschamps telah mencetak gol dengan masing-masing dari enam tembakan terakhir mereka pada target di turnamen.

* Antoine Griezmann telah mencetak tujuh gol dalam enam penampilan terakhirnya di babak sistem gugur turnamen besar.

* Prancis hanya kemasukan empat gol dalam lima pertandingan mereka di turnamen.

Pertemuan sebelumnya

 

Kedua tim  Eropa ini memiliki sejarah panjang, saling berhadapan  73 kali. Prancis  memenangkan 24, Belgia 30, dengan 19 seri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper