Hasil Liga 1: Disikat Bhayangkara FC, Pertama Kali Persipura Tumbang di Mandala

Untuk pertama kalinya Persipura merasakan pahitnya kekalahan di kandang sendiri, Stadion Mandala di Jayapura, di Liga 1 2018, menyerah 0-2 dari Bhayangkara FC.
M. Syahran W. Lubis | 07 Juli 2018 15:43 WIB
Dua penyerang andalan Bhayangkara FC, Paulo Sergio Moreira (kanan) dan Herman Dzumafo Epandi - Antara/Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk pertama kalinya Persipura merasakan pahitnya kekalahan di kandang sendiri, Stadion Mandala di Kota Jayapura, di ajang Liga 1 2018 setelah menyerah dengan skor 0-2 dari tamunya Bhayangkara FC.

Dalam pertandingan pekan ke-14 Liga 1 yang berlangsung pada Sabtu (7/7/2018) dan disiarkan secara langsung oleh TV One, Persipura sebenarnya menguasai jalannya pertandingan.

Namun, sejumlah peluang gagal dimaksimalkan menjadi gol. Selain disebabkan tangguhnya pertahanan Bhayangkara FC yang diisi Jajang Mulyana, Vladimir Vujovic, dan Putu Gede Juni Antara, penampilan kiper Awan Setho Raharjo juga mampu mencegah datangnya gol tuan rumah.

Kedua gol Bhayangkara FC, yang merupakan juara bertahan, dihasilkan dari skema serangan balik. Gol pertama terjadi pada menit ke-32 dari titik penalti yang dieksekusi bomber gaek berusia 38 tahun Herman Dzumafo Epandi.

Wasit Yudi Nurcahya menetapkan penalti setelah Boaz Atururi dipaksa mengganjal Wahyu Suboseto yang hendak menuntaskan serangan balik melalui Paulo Sergio Moreira yang mengirim umpan terobosan dari garis tengah lapangan permainan.

Herman Dzumafo kembali menjebol gawang Persipura yang dikawal kiper Dede Sulaiman pada menit 41, tetapi kali ini dianulir karena dia terperangkap offside.

Pada babak kedua, di tengah gelombang tekanan Persipura, pada menit ke-59 Bhayangkara FC justru mampu menggandakan keunggulan.

Kali ini pun lewat serangan balik. Bola dari kiper Aswan Setho dilambungkan ke tengah lapangan, disambut sundulan kepala Herman Dzumafo menjadi umpan terobosan yang langsung disambut Paulo Sergio.

Paulo Sergio menggiring bola melewati dua pemain lawan dan kemudian juga mengecoh kiper Dede Sulaiman yang maju untuk memperkecil ruang tembak, dan akhirnya Paulo menuntaskannya dengan tendangan mendatar ke gawang yang telah kosong, skor 0-2 untuk Bhayangkara FC hingga laga usai.

Ini menjadi kekalahan pertama di Stadion Mandala bagi Persipura yang di enam pertandingan sebelumnya mencatat lima kemenangan dan satu seri.

Sebaliknya bagi Bhayangkara FC, ini meneruskan tren bagus tiga kemenangan beruntun semua atas tim kuat. Sebelumnya Bhayangkara FC menang masing-masing 1-0 atas Persib di Bandung dan atas Madura United di Stadion PTIK Jakarta.

Dengan kemenangan ini, Bhayangkara FC kini menempati posisi keempat dengan nilai 22, menggeser Persija Jakarta, sedangkan Persipura tertahan di ketujuh dengan koleksi 19 angka.

Ini juga menjadikan tim berjuluk Mutiara Hitam gagal meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di Liga 1. Di empat pertandingan sebelumnya Persipura dipaksa masing-masing 1-1 versus Persebaya Surabaya dan PSM Makassar, serta kalah masing-masing 0-2 dari Persija dan Bali United.

Tag : Liga 1
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top