Hasil Liga 1: 4 Gol Samsul Bawa Barito Pimpin Klasemen, Persija Tersandung

Persija Jakarta tersandung saat menjamu PSM Makassar dan dipaksa bermain imbang dengan skor 2-2 dalam pertandingan pekan ke-14 Liga 1 pada Jumat (6/7/2018).
M. Syahran W. Lubis | 07 Juli 2018 01:21 WIB
Penyerang Barito Putera Samsul Arif Munip - Liga-Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Persija Jakarta tersandung saat menjamu PSM Makassar dan dipaksa bermain imbang dengan skor 2-2 dalam pertandingan pekan ke-14 Liga 1 pada Jumat (6/7/2018).

Bertarung di Stadion Sultan Agung di Bantul, Yogyakarta, Macan Kemayoran sebenarnya tinggal ‘sejengkal’ lagi memetik kemenangan, tetapi PSM mencetak gol balasan 4 menit menjelang laga usai.

PSM sebelumnya membuka skor 6 menit menjelang turun minum lewat kontribusi gol Guy Junior. Skor 0-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persija mampu memberikan gol balasan lewat penyerang baru Osas Saha. Mantan penyerang PSMS Medan itu menjebol gawang PSM yang dikawal kiper M. Syafei pada menit 52.

Persija bahkan berbalik unggul setelah pada menit ke-60 bek Jaimerson da Silva mencetak gol kedua sehingga skor pun berubah menjadi 2-1.

PSM kemudian mesti main dengan 10 orang lantaran pada menit ke-70 bek Hendra Wijaya kena kartu kuning kedua. Namun, keunggulan jumlah pemain gagal dimaksimalkan Persija untuk menambah gol.

Bahkan, yang terjadi malahan PSM mampu melesakkan gol balasan 4 menit menjelang wasit Dwi Purba Wicaksana meniup peluit akhir melalui Steven Paulle, mantan bek klub Ligue 1 Prancis, Dijon.

Persija mesti pindah meninggalkan kandang aslinya, Stadion Gelora Utama Bung Karno di Senayan, Jakarta, karena venue tersebut dipersiapkan untuk menggelar Asian Games 2018, sebagaimana juga sejumlah stadion di Jabodebek seperti Stadion Patriot Kota Bekasi dan Pakansari Cibinong.

Dengan hasil imbang 2-2 itu, PSM turun satu setrip dari posisi teratas klasemen sementara ke posisi kedua dengan koleksi nilai 24 sebab di laga lain Barito Putera mencatat kemenangan, sedangkan Persija tertahan di peringkat keempat dengan 21 poin.

Barito Putera meraih 3 poin ketika bertandang ke Stadion Aji Imbut di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Selatan, dengan menaklukkan tuan rumah Mitra Kukar dengan skor tipis 4-3.

Penyerang Samsul Arif Munip menjadi pahlawan dengvan mencetak empat gol alias quattrick. Tuan rumah Mitra Kukar sempat unggul 2-0 lewat gol Mauricio Leal (16’) dan Fernando Rodriguez semenit kemudian.

Namun, pada menit 37 Samsul memperkecil ketinggalan tim tamu menjadi 2-1 dan skor tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, penampilan Samsul semakin menggila. Dia melesakkan tiga gol lagi pada menit ke-66, 82, dan 90. Tuan rumah hanya bisa menambah sebiji gol pada injury time yang dihasilkan Danny Guthrie sehingga skor akhir 3-4 untuk tim tamu yang datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dengan kemenangan itu, Barito menggeser PSM. Nilai Barito saat ini 26. Sedangkan Mitra Kukar di peringkat 13 dengan nilai 16.

Dalam pertandingan lainnya yang juga berlangsung pada Jumat ini, Sriwijaya FC membekuk tamunya PS Tira di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang, Sumatra Selatan.

Keempat gol tuan rumah dilesakkan oleh Hamka Hamzah (20’), Esteban Vizcarra (27’), Beto Goncalves (57’), dan Marko Sandy (90’). Adapun sebiji gol hiburan tim tamu dihasilkan Aleksandar Rakic (39’).

Dengan kemenangan itu, Sriwijaya FC kini menghuni slot ketiga dengan nilai 22, sedan gkan PS Tira di peringkat 14 dengan nilai 16.

Sumber : Liga-Indonesia.id

Tag : Liga 1
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top