Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OPINI: Membangun Model Bisnis Sepak Bola Indonesia

Model bisnis persepakbolaan Indonesia tidak mengacu ke model Inggris, Brasil, maupun Spanyol. Dengan demikian, perlu kerja sama pemangku kepentingan sepak bola Indonesia untuk berani merombak model bisnis dengan pendekatan finansial-ekonomi.
Liga Indonesia/Antara
Liga Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris, Spanyol, dan Brasil memberikan gambaran yang bagus tentang bagaimana sepak bola berhasil menjadi industri dengan penekatan model bisnis yang berbeda.

Paling tidak ada tiga komponen dalam model bisnis yang mereka kelola secara unik untuk mendorong kelanggengan finansial dan ekonomi.

Sekalipun berada di urutan duabelas dalam peringkat FIFA, dunia mengakui bahwa pengelolaan sepa kbola Inggris adalah yang terbaik di dunia, termasuk lebih baik dari Brasil yang bertengger di urutan kedua dan Spanyol di urutan sepuluh versi FIFA.

Sejak perhelatan Piala Dunia 2002 di Jepang– Korea Selatan, tim Inggris seperti tidak pernah berminat menjadi juara dunia lagi. Namun mengapa Liga Inggris selalu menjadi liga paling populer, dengan siaran di lebih dari 100 negara melalui televisi lokal tiap negara maupun saluran berbayar.

Bahkan disiarkan langsung di negara-negara yang memiliki tim nasional dalam sepuluh terbaik dunia, memiliki pendukung terbesar di seluruh dunia? Jawabannya adalah karena Inggris mampu mengelola komponen pertama dalam model bisnis persepakbolaan, yaitu segmen pasar.

Inggris sangat sadar dalam mengelola penonton, apalagi pecinta sepa kbola, sebagai sasaran akhir. Apa yang diharapkan oleh penonton bola? Liga yang dihuni oleh pemain-pemain terbaik dan ternama di dunia, pertandingan yang berkualitas, liga yang kompetitif, dan tim-tim sepak bola yang memiliki legenda di dunia.

FA atau Football Association, pengelola liga sepaknola Inggris, sangat paham mengelola dan membangun brand untuk memenuhi hasrat penonton tersebut.

Dampak keuangan dari manajemen penonton yang baik adalah sumber pendapatan melalui tiket, hak siar, penjualan kostum dan berbagai asesori, dan mudahnya mendapatkan sponsor. Selain itu popularitas pemain juga menghasilkan sumber pemasukan lain, berupa iklan dengan menggunakan para pemain sebagai ikon.

Liga Inggris berhasil mengemas kebutuhan penonton dan penggemar bola seluruh dunia dalam rumusan proposisi nilai atau value propositions, yang merupakan komponen kedua dalam model bisnis persepakbolaan, yang juga menjadi perhatian utama Liga Inggris.

Tidak ada Ronaldo dan Messi, dua pemain terbaik dunia saat ini, tetapi Liga Inggris tetap mampu mengklaim sebagai liga terbaik yang dihuni oleh pemain-pemain terbaik dunia, yaitu mereka yang berlaga di Piala Dunia.

Liga Inggris membangun brand dengan cara mengklaim sebagai liga yang dihuni paling banyak pemain yang berlaga di Piala Dunia. Untuk tahun ini, Manchester City memegang peringkat teratas dibanding tim-tim di seluruh dunia sebagai pemasok pemain Piala Dunia di Rusia.

Brasil memiliki pendekatan yang sangat berbeda. Pembeli utama dari persepakbolaan Brasil adalah klub bola seluruh dunia. Lihat saja, pemain bola asal Negeri Samba bertebaran di seluruh benua, baik untuk liga papan atas, yaitu liga di negeri yang menjadi langganan peserta Piala Dunia maupun liga papan bawah, yang berada di negara-negara penonton Piala Dunia.

Oleh karenanya, proposisi nilai yang ditawarkan oleh sistem persepakbolaan Brasil adalah ketersediaan para pemain yang berkualitas. Pengemar bola seluruh dunia tahu bahwa brand persepakbolaan Brasil sebagai ‘pemain Samba’, pemain bola yang enak ditonton seperti menikmati tarian Samba. Dunia tidak terlalu tertarik dengan liga Brasil itu sendiri.

Karakter Brasil

Tim nasional Brasil menempatkan status juara menjadi penting untuk meyakinkan komunitas sepak bola dunia dan dalam rangka mempertahankan brand sebagai produsen pemain berkualitas. Di setiap turnamen antar negara, tim Brasil selalu tampil untuk menunjukkan empat hal: kemenangan, keindahan, kualitas pemain, dan semangat permainan.

Kalaupun tidak mencapai kemenangan, keindahan, kualitas, dan semangat permainan selalu ditonjolkan dalam setiap turnamen.

Dampak finansialnya adalah pendapatan, revenue stream, dari penjualan pemain menempati porsi yang besar dibandingkan dengan pendapatan dari tiket kompetisi, hak siaran liga maupun penjualan asesori sepak bola.

Persepakbolaan Spanyol ingin menggabungkan model bisnis Inggris dan Brasil. Di satu sisi, Spanyol menjual produknya kepada segmen penonton sepak bola, sehingga Negeri Matador itu mengemas proposisi nilai untuk pasar ritel seperti Inggris.

Berbeda dengan Inggris, Spanyol menekankan proposisi nilai pada kualitas individu pemain dan kualitas tim dalam laga, baik tingkat liga, Eropa maupun antar klub dunia.

Pendekatan ini memerlukan dana yang besar. Tidak heran bila yang menonjol hanya dua tim, Real Madrid dan Barcelona, sedangkan tim lainnya menjadi pelengkap liga. Kedua klub tersebut berusaha membeli pemain-pemain terbaik pada tingkat dunia untuk membangun brand persepakbolaan Spanyol.

Persepakbolaan Spanyol juga menempatkan B2B sebagai bisnis penting seperti halnya persepakbolaan Brasil, sekalipun tidak sesukses Brasil. Beberapa pemain Spanyol menempati tim-tim unggulan di beberapa liga di kawasan Eropa dan cukup banyak pula pemain yang berkiprah di tim-tim papan bawah-tengah di Eropa.

Secara finansial, model bisnis seperti ini diharapkan mampu mendulang sumber pendapatan yang merupakan gabungan dari sumber pendapatan ala Inggris dan Brasil.

Lalu apa manfaat yang dinikmati pemerintah? Tentu saja pemasukan berupa pajak dari bisnis sepak bola dan devisa dari ekspor siaran, penjualan pemain, penjualan asesori, dan lainnya.

Bayangkan saja, harga jual seorang Neymar Jr setara dengan pendapatan dari ratusan tenaga kerja kelas menengah, unskilled dan semi-skilled. Belum lagi dari pendapatan yang diperoleh para pemain yang diekspor, yang tentunya ikut menyehatkan neraca pembayaran negara tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia? Pertama-tama, perlu melakukan tinjauan terhadap model bisnis persepakbolaan Indonesia.

Berdasarkan model bisnis yang ada saat ini, perlu ditetapkan arah, model bisnis seperti apa yang ingin dibangun ke depan untuk menjadikan sepak bola Indonesia sebagai sebuah bisnis.

Sekilas pengamatan, model bisnis persepakbolaan Indonesia tidak mengacu ke salah satu dari ketiga contoh di atas. Dengan demikian, perlu kerja sama pemangku kepentingan sepak bola Indonesia untuk berani merombak model bisnis dengan pendekatan finansial-ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper