Inilah Mural Piala Dunia yang Mengundang Kontroversi di Rusia

Sebuah mural bergambar perempuan berambut pirang sedang memegang bola memancing kontroversi di Rusia.
Saeno | 05 Juli 2018 18:15 WIB
Mural bertema Piala Dunia dengan model Daria Panteleeva, istri pemilik Novatek Art, biro iklan Rusia, terpampang di sisi sebuah gedung apartemen di pinggiran Moskow, Rusia (30/6/2018). - Reuters/Tatyana Makeyeva

Bisnis.com, MOSKOW – Sebuah mural bergambar perempuan berambut pirang sedang memegang bola memancing kontroversi di Rusia.

Kontroversi itu bermula dari proyek yang diterima pimpinan sebuah biro iklan di Rusia untuk menghias fasad Moskow menjelang Piala Dunia 2018.

Demi memenuhi pesanan membuat mural setinggi 12 lantai apartemen, pemiliki Novatek art menjadikan istrinya, Daria Panteleeva, sebagai model. Jadilah wajah dan postur Daria Panteleeva menghiasi sisi sebuah gedung apartemen di pinggiran Moskow, Rusia.

Istri bos Novatek Art Ivan Panteleev itu berpose sedang memegang bola dengan latar belakang langit biru cerah. Kartun karakter burung menambah semarak penampilan Daria Panteleeva.

“Ini adalah mural dimana kami menyambut semua orang asing ke Rusia dan mengundang mereka ke pertandingan sepak bola!” tulis pihak Novatek Art di media sosial.

Pendanaan untuk fasad di distrik Zhulebino itu berasal dari anggaran kota Moskow, ujar Ivan Panteleev kepada Reuters.

Seorang pria berjalan melewati gedung apartemen yang dihiasi mural bertema Piala Dunia dengan Daria Panteleeva, istri pemilik Novatek Art, biro iklan Rusia, sebagai modelnya, di pinggiran Moskow, Rusia (30/6/2018)./Reuters-Tatyana Makeyeva

Ini adalah salah satu dari empat mural Piala Dunia yang disponsori komite hubungan masyarakat kota. "Memang benar bahwa model untuk lukisan ini adalah istri saya," kata Ivan.

Ia menambahkan untuk membuat lukisan besar seperti itu seniman memerlukan foto dan dalam hal ini modelnya adalah istrinya. Ivan menambahkan, salah satu dari dua pelukis itu adalah seniman grafiti Thailand, Mue Bon. Seniman Thailand itu datang ke Rusia disponsori oleh departemen di pemerintah yang terkait proyek seni Novatek lainnya terkait Piala Dunia.

Potret yang diresmikan sebelum Piala Dunia dimulai pada 14 Juni itu ternyata mengundang kemarahan banyak orang di komunitas seni jalanan Rusia.

“Biasanya (Ivan) mengatakan kritik hanyalah cermin cemburu. Dalam hal ini - kami benar-benar cemburu. Bukankah kita semua berharap kita memiliki suami seperti itu, kan? ” ujar Direktur galeri Anna Nistratova menulis dalam posting sarkastik di halaman Facebook-nya.

Daria Panteleeva sendiri membela potret dirinya.

"Jika seorang artis atau penyelenggara ditugaskan untuk melukis seorang 'wanita Rusia berambut pirang dengan bola' ... mengapa ada yang peduli jika artis itu melukis seorang wanita yang mereka kenal atau orang asing?" balas Panteleeva dalam postingannya di media sosial.

Sementara itu, sebuah trailer film untuk seri fasad Piala Dunia, menunjukkan bagaimana Panteleeva "disemprotkan" pada permukaan gedung, dan menjadi berita di saluran televisi Channel 1 yang dikendalikan pemerintah Rusia.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top